Untuk Apa Ujian Kehidupan?

Sebagian orang merasa gak perlu dan takut dengan Ujian, terutama ujian kehidupan. Karna mereka merasa ujian itu pasti sulit, gak enak dan berat.

Inginnya hidupnya lancar dan mulus saja. Rezeki mudah, anak-anak baik sholeh dan sholeha, sehat dan imut-imut juga penurut, pasangan pengertian dan penuh perhatian.
Padahal kenyataan nya dalam hidup ini, tidak semua hal yang terjadi sesuai harapan. Dan hidup kita senantiasa dipenuhi dengan ujian yang beraneka ragam baik terhadap hal yang disukai maupun terhadap hal yang dibenci.
Jika di sekolah ujian itu tanda kita sudah sampai di puncak tingkatan ilmu di level tersebut, yang artinya kita akan naik kelas kalau hasil ujiannya bagus, dan tinggal kelas kalau hasil ujiannya jelek.
Dalam Ujian kehidupan juga demikian. Allah akan uji kita sesuai dengan level kita. Level ilmu, keyakinan, kekuatan dan kesiapan kita.
Allah gak mungkin berbuat dzolim dengan hamba-Nya dengan memberikan Ujian/Beban melebihi kemampuan hamba NYA. Walau hamba NYA banyak yang lalai dan melupakan NYA.
Kenapa Allah uji kita?
Kenapa Allah kasih hidup yang sempit?
Kenapa masalah gak selesai-selesai?
Kenapa anak buat masalah terus?
Kenapa bisnis bangkrut?
Dll
Salah satu tujuan NYA adalah Agar kita kembali,mendekat dan bergantung HANYA kepada Allah.
Bisa jadi mungkin selama ini kita sering berusaha menyelesaikan masalah kita dengan mengandalkan Ilmu kita, relasi kita, harta kita, kehebatan kita.
Selama ini mungkin Allah hanya menjadi solusi terakhir saat kita sudah merasa buntu.
Allah tidak suka didua kan. Dan itu termasuk syirik yang dosa nya diancam tidak diampuni.
Jangan sampai di hati kita ada hal lain yang lebih hebat dari kekuasaan NYA. Seakan-akan tanpa Allah masalah itu bisa selesai.
Padahal tidaklah setangkai daun yang jatuh kecuali Allah sudah mengizinkan daun itu jatuh.
Tidak juga mata kita bisa berkedip, kecuali Allah ijinkan syaraf di kelopak mata itu yang berkedip.
Begitu lemah dan tidak berdayanya kita di hadapan Allah. Untuk mengedipkan mata saja tidak berkuasa jika Allah tidak ijinkan. Apalagi mengatasi ujian-ujian kehidupan yang luar biasa.
Semoga sedikit tulisan ini bisa menambah semangat dan mengingatkan kita. Bahwa kita memiliki Allah tuhan yang miliknya semua solusi dan kunci jawaban dari setiap ujian kehidupan kita.
Semoga bermanfaat.
Batam 11 Agustus 2017
Abi Zumi
(fauziya/muslimahzone.com)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.