Tumpukan Sampah Di Kali Bancong

Pemandangan aliran di Kali Bancong,tepatnya di Kampung Pejuang,Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria,Kota Bekasi,dipenuhi tumpukan sampah. Seluruh permukaan kali sepanjang seratus meter tertutup sampah plastik,kayu,bahkan kasur.

Menurut warga,kondisi seperti ini sudah lama terjadi. Warga akhirnya sudah terbiasa dengan pemandangan sampah tersebut.

“Ini kiriman dari sana,Bukan warga yang membuang disini. Ini karena kekunci,sampai sekarang tak teratasi,”kata Iman, warga Kampung Pejuang.

Padatnya tumpukan sampah diatas permukaan kali, sering dimanfaatkan anak-anak untuk bermain diatas aliran kali tersebut. “Warga terganggu,bau. Hanya bisa pasrah meski khawatir akan datangnya penyakit. Tapi sebagai warga kelas bawah kami bisa apa,” katanya.

Warga mulai dihantui rasa khawatir lantaran takut terserang penyakit gatal-gatal. Kondisi kali yang tercemar sampah juga membuat air di pemukiman warga mengeluarkan aroma tak sedap dan ikan-kan termasuk ikan sapu-sapu yang biasanya tahan pencemaran mati. “Soal nyamuk jangan ditanya,Jangankan ikan biasa, ikan sapu-sapu aja gak bisa hidup,”kata Iman.

Sampah yang menumpuk di aliran Kali Bancong ini merupakan sampah dari pemukiman padat penduduk. Tumpukan sampah tersebut juga menjadi salah satu faktor terjadinya penumpukan sampah yang parah di aliran Kali Pisang Batu Tarumajaya Kabupaten Bekasi.

Warga berharap agar Pemerintah Kota Bekasi mampu mengatasi masalah sampah dan melakukan pengerukan sampah yang mencemari lingkungan warga.(antv)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.