Sel. Sep 17th, 2019

Tahun Depan Tanggul Kali Bekasi di Jalan Cipendawa Baru Yang Longsor,Bakal Di Perbaiki

2 min read

Tanggul Kali Bekasi di Jalan Cipendawa,Bekasi Timur mengalami kerusakan yang cukup parah. Akibat rusaknya tanggul,Jalan Raya Cipendawa lambat laut tergerus dan rawan longsor.

Loading...

Kerusakan tanggul sejatinya telah terjadi sejak awal 2017 lalu. Namun selama hampir dua tahun rusak, belum ada upaya perbaikan. Arus lalu lintas di sekitar tanggul yang rusak terpaksa dialihkan dengan menerapkan sistem lawan arah atau contraflow.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) berencana melakukan perbaikan tanggul pada 2019 mendatang.

“Ada rencan kegiatan perbaikan di dua titik tebing DAS (daerah aliran sungai) Kali Bekasi yang rusak, pertama di Jalan Cipendawa, dan di Jalan Ekspres Raya, Perumahan Kemang Pratama, tahun 2019 oleh BBWSCC,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Yudianto, Rabu, (12/12/2018).

Dia menambahkan, kewenangan Kali Bekasi berada di Pemerimtah Pusat melalui BBWSCC, Pemberintah Kota Bekasi kata dia hanya sebatasan mengusulkan dan melaporkan. Alhasil proses perbaikan memerlukan waktu cukup panjang hingga dibiarkan selama kurang lebih dua tahun.

“Kalaupun dilimpahkan kami tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan perbaikan tanggul,” ungkapnya.

Padahal Jalan Cipendawa yang notabene merupakan akses utama menuju Bantargebang kerap digunakan truk sampah dari DKI menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Akses Cipendawa juga menjadi jalan penghubung wilayah Jatiasih, menuju Bekasi Timur hingga Bantargebang.

Sementara untuk tanggul di Jalan Ekpsres Raya Perumahan Kemang Pratama diketahui telah rusak sejak maret 2018. Kerusakan menyebakan jalan di samping tanggul amblas, warga sekitar secara swadaya melakukan perbaikan sementara dengan menutup jalan amblas dengan beton.

Adapun penyebab rusaknya tanggul disebabkan lantaran arus Kali Bekasi yang cukup deras tidak dibarengi dengan konstruksi tanggul yang cukup kuat. Sehingga pada saat volume air meningkat tanggul tidak mampu menahan derasnya aliran kali.

“BBWSCC melakukan perbaikan secara bertahap, tahun ini perbaikan di tanggul yang amblas dekat SD Negeri VI Pekayon, tahun depan mudah-mudahan tanggul lain yang rusak segera diperbaiki,” jelas dia.(tribun)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.