Sudah Dua Kali Piala Dunia, Hak Buruh Pembuat Sepatu Adidas Di Diabaikan

Photo) Demo Buruh Adidas
Photo) Demo Buruh Adidas tangerang

World Cup atau Piala Dunia adalah momen yang ditunggu. Tidak hanya oleh pecinta sepak bola,juga ditunggu oleh para pemilik merek pakaian dan sepatu olahraga,semisal Nike dan Adidas. Kedua merek tersebut kerap menjadi sponsor langganan kompetisi sepak bola bergensi tersebut. 

Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia,diikuti oleh 32 negara, sebanyak 22 pesert menggunakan merek Adidas dan 10 negara menggunakan Nike.

Tak hanya tahun ini.Piala Dunia 2014 pun, Adidas pun mampu menjadi sponsor utama. 

Ketika jutaan mata fokus pada pertandingan dan kelihaian bermain, merek-merek tersebut berlalu-lalang di pinggir stadion dan pakaian yang dikenakan para pemain dan menyelinap dalam pikiran para penonton. Bagi para pemilik merek perlengkapan olahraga, Piala Dunia merupakan media promosi yang tepat. 

Piala Dunia bukan pertandingan amal, tapi ajang penciptaan keuntungan sebesar-besarnya.

“Ketika Adidas menghitung keuntungan, masih ada kasus yang belum terselesaikan kasus pemecatan 1300 buruh PT Panarub Dwikarya. Panarub Dwikarya merupakan salah satu pabrik Panarub Industri. Di antara sepatunya dibuat untuk memasok Piala Dunia 2014.” Kata Kokom Komalawati sekretaris DPC GSBI Tangerang,Selasa (3/7/2018).

Kokom menerangkan,Adidas memang lihai mencari dan mendapat peluang keuntungan. Tapi lihai pula menghindar dari tanggung jawabnya.Sembari menikmati keuntungan,dengan mudah mengatakan bahwa Adidas tidak memiliki hubungan langsung dengan buruh. Enam tahun buruh PT Panarub Dwikarya menuntut tanggung jawab Adidas dan 

Adidas seakan melupakan bahwa ada kasus yang menjadi tangung jawabnya . 
Tetapi buruh di Indonesia dan buruh didunia tidak akan melupakan apa yang dilakukan oleh Adidas terhadap 1300 buruh PT Panarub Dwikarya.

“Untuk itu kami menuntut Adidas agar,Segera selesaikan kasus PHK 1300 buruh PT Panarub Dwikarya,Bayarkan hak buruh PT Panarub Dwikarya,Perbaiki kondisi kerja diseluruh pabrik yang memproduksi sepatu Adidas di dunia dan Hentikan tindakan union busting yang dilakukan pabrik-pabrik yang memprodusksi Adidas diseluruh dunia” Tegasnya.(Ms)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.