Siswi SMPN 12 Kota Bekasi Rebut Medali Perunggu Kompetisi Matematika Internasional 


Prestasi membanggakan kembali ditorehkan siswi asal Kota Bekasi di kancah internasional. Kali ini,prestasi tersebut diraih Salsabila Putri Reivalita (14)

Siswi SMPN 12 Kota Bekasi tersebut baru saja membawa pulang medali perunggu pada ajang International Mathematics Contest ke-14 yang digelar di Singapura, Juli 2018.

“Ada 15 negara yang berpartisipasi di ajang tersebut. Dari Indonesia ada beberapa yang ikut berpartisipasi dan Alhamdulillah saya bisa bawa pulang medali perunggu untuk kategori junior,” kata Salsabila,Selasa,7 Agustus 2018.

Siswi kelas IX tersebut berpartisipasi secara mandiri bersama Klinik Matematika dan IPA yang diikutinya. Sebelum berlaga,karantina selama sepekan yang harus dilakoninya.

“Saat karantina,kami disodori berbagai macam jenis soal yang harus bisa dipecahkan. Saat kompetisi berlangsung, ternyata memang tidak banyak yang meleset dari bentuk soal yang dikerjakan saat latihan,”katanya.

Sedikit kendala yang dihadapi,ialah penggunaan Bahasa Inggris sebagai pengantar soal yang diujikan. Namun dengan bekal latihan yang dijalani sebelumnya,Salsabila mampu memecahkan soal yang diujikan.

Ia mengatakan,kesukaannya terhadap soal-soal matematika mulai muncul sejak kelas 2 sekolah dasar. Kesukaan tersebut disalurkan orang tuanya dengan mendaftarkan sang putri mengikuti kelas khusus belajar matematika KUMON.

“Sampai kelas VI belajar di KUMON bisa mengerjakan soal level SMA. Namun selepas itu, lanjut belajar tambahan di Klinik MIPA dan akhirnya diikutsertakan mengikuti kompetisi matematika,” katanya.

Kepala SMPN 12 Kota Bekasi Sungkawati mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya tersebut. Apalagi keikutsertaan Salsabila di ajang tersebut, murni atas inisiatif juga pembiayaan akomodasi secara mandiri.

“Anaknya hanya izin ke sekolah untuk ikut berpartisipasi di kompetisi tersebut. Ternyata kembali dari sana membawa pulang medali dan prestasi yang membanggakan,” katanya.

Atas prestasi tersebut,Salsabila, Sungkawati,juga wali kelas dan wali murid, diundang ke Kantor Pemerintah Kota Bekasi oleh Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah. Salsabila beroleh kadeudeuh yang diberikan Ruddy juga Bank Jawa Barat Kota Bekasi.

“Inginnya tentu bisa menggantikan biaya akomodasi yang dikeluarkan saat kemarin berangkat bertanding dengan biaya mandiri. Namun karena tidak ada pos khusus pada dinas terkait,akhirnya kadeudeuh dikumpulkan seadanya dari kocek pribadi dan ditambah dari BJB. 

Walau tidak besar,tapi ini bentuk apresiasi pemerintah daerah atas prestasi membanggakan ini,”katanya.

Ke depan,Ruddy berharap sejumlah dinas terkait bisa mengalokasikan anggaran pemberian kadeudeuh supaya sewaktu-waktu bisa dialokasikan kepada mereka yang berprestasi. Misalnya prestasi olahraga di Dinas Pemuda dan Olahraga, seni di Dinas Pariwisata dan Budaya, juga Dinas Pendidikan untuk siswa-siswa yang berprestasi di bidang akademik.(PR*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: