Sampah Kembali Menggunung Di Bendung Koja Jatiasih,KP2C Akan Susuri Sungai Cikeas

Belum seminggu sungai Cikeas dibersihkan dari sampah bambu, hari ini gunungan sampah bambu kembali menutupi aliran sungai Cikeas di Bendung Koja, Kecamatan Jatiasih,Kota Bekasi. Lokasinya berbatasan dengan Desa Bojongkulur,Kabupaten Bogor.

“Jika tidak segera dibersihkan setidaknya empat perumahan berpotensi terancam banjir,” ujar Puarman, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C),Senin (26/11/2018), di lokasi gunungan sampah.

Menurut Puarman,KP2C kembali akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan pembersihan. Kerja kali ini cukup berat karena lokasinya sulit diakses alat berat maupun truk.

Pembersihan melibatkan:

1. Pasukan katak DLH Kota Bekasi

2. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CC)

3. Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi ( UPTD PJJS JATIASIH & UPTD PEMATUSAN)

4. Kelurahan Jatiasih, Kota Bekasi

Hingga saat ini belum juga diketahui sumber asal sampah bambu. Ditengarai, bambu-bambu tersebut bekas digunakan dan dibuang begitu saja ke badan sungai.

Pelaku pembuangan sampah ke badan sungai terancam sanksi pidana atau denda Rp 50 juta sesuai peraturan daerah.

“Harus ada efek jera, karena kasus ini berulang terus. Kami berharap instansi terkait mengambil tindakan seperlunya sehingga tindakan pembuangan sampah ke badan sungai Cikeas berhenti,”ujar Puarman.

Menindak lanjuti kejadian ini, Puarman mengatakan akan menurunkan tim KP2C untuk melakukan susur sungai dengan menggunakan perahu karet.

“Harapan kami, rencana ini bisa kita lakukan bersama instansi terkait, komunitas lingkungan dan elemen masyarakat,” tutur Puarman. (Ms)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: