Ribuan Rakyat Taiwan Gelar Demonstrasi Tuntut Referendum Kemerdekaan Dari Cina

Foto: Demonstrasi Warga Taiwan Menuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina, Sabtu (20/10/2018)
Foto: Demonstrasi Warga Taiwan Menuntut Referendum Kemerdekaan dari Cina, Sabtu (20/10/2018).

Puluhan ribu warga Taiwan menggelar demonstrasi di ibukota Taipei,Sabtu (20/10/2018), mendukung referendum kemerdekaan dari Cina.

Demonstrasi yang digerakkan oleh kelompok yang menamakan diri sebagai Aliansi Formosa ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar yang pernah terjadi di Taiwan. Para demonstran memusatkan aksi mereka di dekat markas partai yang dipimpin presiden Tsai Ing, yaitu Partai Demokratik Progressif.

Juru bicara Aliansi Formosa Kenny Chung menyebut aksi kali ini sangat sukses, merujuk pada banyaknya peserta demonstrasi. Dalam unjuk rasa itu, mereka menyerukan presiden Tsai untuk mendesak Cina dan meminta referendum kemerdekaan untuk menghindari pencaplokan wilayah.

Para pengunjuk rasa terlihta mengusung poster bertuliskan “Hentikan Penindasan, Hentikan Pencaplokan”. Selain itu mereka juga membawa spanduk dengan tulisan “referendum Kemerdekaan”.

Cina masih menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsi di bawah kekuasaan mereka. Taiwan,yang wilayahnya merupakan sebuah pulau terpisah dari Cina daratan, secara pemerintahan telah memisahkan diri dari Beijing pada 1949.

Di sisi lain Cina tak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk memaksa Taiwan kembali di bawah kendali mereka. Tahun ini Beijing meningkatkan tekanan militer dan diplomatik, termasuk dengan menggelar latihan militer udara dan laut di sekitar Pulau Formosa. Selain itu cina juga membujuk tiga dari sedikit negara masih mendukung eksistensi Taiwan, untuk melepaskan dukungan mereka.(“)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: