Rawan Longsor,Warga Bantaran Kali Bekasi Diminta Direlokasi

Wakil Walikota Bekasi,Tri Adhianto meminta agar masyarakat yang tinggal di bantaran Kali Bekasi untuk terlebih dahalu pindah atau bakal relokasikan ke Rusunawa Bekasi Timur, sampai proses pembangunan tanggul.

“Ya kalau bisa akan kita bebaskan tanah warga di lokasi itu, kalau tidak warga akan kita relokasikan ke rusunawa untuk sementara selama pengerjaan kalau tidak tanah mereka akan habis dan bahaya takut ambruk nanti ada korban jiwa,” katanya di Kantor Pemkot Bekasi,Rabu (9/1/2019).

Tri mengatakan saat proses pengerjaan tanggul, masyarakat diminta merelakan rumah yang di pinggir kali agar tanahnya bisa gunakan terlebih dahulu untuk melakukan perbaikan.

“Memang itu lokasi rumah semakin mepet dengan Kali, nanti saat proses penanggulan pasti rumah-rumah akan kena gusur karena tanahnya kita pakai untuk tanggul dan alat berat. Jika mereka tidak mau tanahnya akan habis lambat laun oleh aliran Kali Bekasi,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Tri pihaknya sedang melakukan pendataan kepada rumah-rumah warga yang terkena longsor dan berpontensi terkena longsor untuk proses relokasi.

“Rencana akan ada pembebasan lahan, pak Lurah dan pak sekel dan Rt,RW sedang mendata warga supaya dapat di relokasikan. Kami harap warga mau pindah sementara di rusun, nanti kita berikan fasilitas dan kompensasi,” ucapnya.

Tri menambahkan untuk penanganan sementara menunggu pembuatan tanggul permanen, pihaknya akan melakukan pembuatan tanggul sementara dengan menggunakan batu beronjong.

“Ya penanganan pakai batu bronjong itu tidak tahan lama, tidak kuat menahan derasnya air Kali Bekasi. Tapi dari pada kondisi semakin parah. Memang seharusnya segera dibuat tanggul permanen,” ujarnya.

Diketahui ada sejumlah titik pemukiman warga di bantaran Kali Bekasi yang terkena longsor, seperti di Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu, Margamulya Kecamatan Bekasi Utara dan Perumahan Kemang Pratama Kecamatan Rawalumbu.

Kondisi tanah bergeser dan sejumlah rumah nyaris ambruk karena tanahnya terkikis Kali Bekasi.(wartakota)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.