Polisi Terus Sosialisasikan Permenhub tentang Larangan Merokok Sambil Kendarai Motor

Jangan merokok saat berkendara motor

Jangan merokok saat berkendara motor

Pihak kepolisian terus melakukan imbauan dan sosialisasi terkait penerapan sanksi tilang bagi pengendara sepeda motor yang merokok sambil berkendara.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Ojo Ruslani mengungkapkan, hal ini menyusul dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, yang di dalamnya terdapat aturan bahwa pengendara dilarang merokok saat mengendari sepeda motor.

“Peraturan menteri itu merupakan penguatan dari undang-undang nomor 22 tahun 2009 yang berbunyi setiap pengendara wajib mengemudikan kendaraan secara wajar dan penuh konsentrasi,jadi udang-undang ini sudah lama cuma dikuatkan dengan peraturan menteri,” kata AKBP Ojo Ruslani,jumat (12/4/2019).

Untuk di Kota Bekasi, Ojo memastikan pihak sejauh ini masih memerintahkan kepada anggotanya untuk melakukan imbauan terlebih dahulu.

“Saya perintahkan tegor aja dulu, sosialisasikan dulu ketika melihat pengendara motor sedang merokok, belum ada tindakan tilang masih saya sosialisasi dulu,”jelas dia.

Sosialisasi ini juga berlaku baik di jalan maupun sosialisasi kepada masyarakat tertentu misalnya melalui komunitas sepeda motor, sekolah dan organisasi masyarakat lainnya.

“Kita sosialisasi hingga beberapa bulan kedepan sampai benar-benar sosialisasi ini menyeluruh, jadi ketika nanti sudah diterapkan sanksi tilang tidak ada yang melanggar,”tegas dia.

Adapun dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 diatur dalam pasal 283 setiap pengendara yang melanggar akan dikenakan hukuman penjara tiga bulan atau denda Rp 750 ribu.(*)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.