Polisi Tangkap Penyebar Berita Berisi Ujaran Kebencian Terkait Pilkada Kota Bekasi

Polres Metro Bekasi Kota menangkap satu orang penyebar berita palsu atau hoax tentang seruan kebencian yang menyangkut Pilkada Wali Kota Bekasi.

Wakil Kapolres Metro Bekasi AKBP Wijonarko mengatakan satu yang diamankan berinisial S (42), warga Rawa Kubu Kota Bekasi. 

Penyidik telah menetapkan S sebagai tersangka dan pelaku diamankan di kediamannya pada Sabtu 26 mei 2018.

“Pelaku sengaja menyebar selebaran itu ke tujuh grup WhatsApp, untuk motifnya kita masih lakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Wijonarko di Polres Metro Bekasi, Senin (28/5/2018).

Selebaran yang mengatasnamakan Gerakan Pemuda Kristen Bekasi For Rahmat Effendi itu sempat menyebar di kalangan masyarakat Kota Bekasi.

Dalam selebaran tersebut, bertuliskan seruan kebencian, salah satu poinnya yaitu ‘Kami akan kembali gelorakan Perang Salib di Kota Bekasi sebagaimana kemarin di Jakarta. Kami tidak takut pada gerakan 212 kalian. Di Jakarta kalian boleh menang tapi di Kota Bekasi jangan pernah kalian berharap menang’.

Polisi pada Sabtu 26 mei 2018 lalu telah melakukan klarifikasi dengan pihak yang namanya tercantum dalam selebaran, alhasil selebaran itu terbukti hoax dan hanya ingin memecah belah kerukunan umat beragama.

Pelaku kata Wijonarko, mengaku tidak terlibat dalam kaderisasi kepartaian apapun serta buka dari simpatisan atau tin sukses salah satu calon Wali Kota Bekasi.

Dirinya juga menjelaskan, pihak kepolisian masih melakukan pengembangan kepada S untuk mengetahui orang yang membuat selebaran tersebut.

“Sementara DPO (Daftar Pencarian Orang) satu orang yang membuat kita masih cari,” jelas Wijonarko

Pelaku diancam Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 156a KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.(tribun)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.