Peringati HUT Kota Bekasi,Pramuka Jelajah Budaya Dan Sejarah Bekasi 2018

Pemerintah Kota Bekasi menggelar jelajah budaya dan sejarah Bekasi 2018, Minggu, (18/3) dalam rangka HUT Kota Bekasi ke-21. Tema kegiatan ini ‘Orang Bekasi Kudu Tau Bekasi’.

Sebanyak ratusan peserta jelajah budaya dan sejarah dari anggota pramuka kwartir cabang Kota Bekasi dari mulai Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. 
Kegiatan berada di tiga tempat yakni Taman Makam Pahlawan Bulak Kapal, lapangan Perwira Bekasi Utara dan Alun-Alun Kota Bekasi. 

Di alun-alun Kota Bekasi, jelajah budaya dan sejarah Bekasi diawali upacara dan penyematan tanda peserta. Seluruh petugas upacara kali ini dari anggota Pramuka Siaga yang berusia sekolah dasar. Mereka membacakan Teks Pancasila, dan Dwi Dharma Pramuka dan pembacaan doa penutup. 

Dilanjutkan dengan Pesta Siaga. Peserta jelajah ikuti aneka permainan tradisoinal khas Bekasi mulai dari Egrang, Dampu, Gerobak Sodor, Pletokan, Nyocokin Kata Bahasa Bekasi. Tampak ratusan pramuka siaga mengikuti berbagai kegiatan dengan bergembira.  

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Zarkasih mengatakan dengan kegiatan ini sebagai ajang memperkenalkan sejak dini sejarah dan budaya bekasi kepada generasi muda di Kota Bekasi.

“Bekasi dikenal dengan Kota Patriot karena sejarah para pejuang terdahulu dan semangat patriotisme harus muncul juga dari sejak kecil. Budaya Bekasi juga kita kenalkan kembali contohnya melalui permainan tradisional,” kata Zarkasih. 

Salah satu peserta jelajah, Nurul mengaku senang mengikuti kegiatan jelajah budaya dan sejarah Bekasi di Alun-Alun. Bersama teman siaga lainnya ia mengikuti permainan gobak sodor, dan enggrang. 
“Senang dan seru bisa belajar bermain enggrang dan lari-lari, ngejar lawan di gobak sodor,” kata Nurul.(red)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.