Pemkot Bekasi Kewalahan Perbaiki Jalan Rusak Saat Musim Hujan

HUJAN deras yang kerap mengguyur wilayah Kota Bekasi beberapa minggu ini, membuat sejumlah jalan mengalami kerusakan.

Atas kondisi itu,Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengakui cukup kewalahan dalam mengatasi kerusakan jalan yang terus bermunculan di musim hujan.

Kepala Seksi Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Idi Susanto,menepis soal pembiaran jalan rusak yang ada.

Ia mengaku lambatnya penanganan karena anggaran yang terbatas dan kemampuan tim unit reaksi cepat (URC) tak sebanding dengan jumlah kerusakan yang timbul hampir setiap hari.

“Utamanya sih tim URC kita kurang,apalagi kalau musim hujan jalan rusak banyak sekali bermunculan,” kata Idi, Senin (4/2/2019).

Untuk itu,saat ini pihaknya tengah merencanakan penanambahan tim URC dan menyusun langkah agar penanganan jalan rusak dapat lebih cepat dan efektif.

“Kita punya dua tim,dalam sehari satu tim URC maksimal hanya mampu memperbaiki jalan rusak seluas empat meter persegi,tapi kerusakan yang timbul lebih dari itu,”ungkap Idi.

Idi menjelaskan,total panjang seluruh jalan lingkungan, arteri, hingga protokol di Kota Bekasi mencapai 4.000 kilometer. Sedangkan anggaran pemeliharaan atau perbaikan hanya sekitar Rp 3 miliar.

“Anggaran kita sedikit dengan beban yang luar biasa.Kita juga perintahkan Unit Pembantu Teknis Daerah (UPTD) tingkat kecamatan untuk bekerja keras dalam memelihara jalan lingkungan,sehingga meringankan beban tim URC tingkat Pemkot Bekasi,” paparnya.

Adapun kerusakan yang sering terjadi,kata Idi,selain karena intensitas hujan,juga disebabkan penurunan tanah dan mayoritas jalan didominasi oleh jalan aspal.

“Ini kan penurunan tanah di Kota Bekasi memcapai 2 derajat. Kemudian kebanyakan jalan ini aspal yang cepat rusak jika terkena air dalam waktu yang lama. Makanya, satu titik diperbaiki akan muncul kerusakan di titik lain,”tuturnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: