Ombudsman Sidak Calo Sim Di Polres Metro Bekasi Kota

Ilustrasi
Ilustrasi

Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya melakukan inspeksi mendadak di Mapolres Metro Bekasi Kota,Jalan Pramuka,Bekasi Selatan,Kota Bekasi, Selasa (18/9).Namun,dalam sidak itu, lembaga ini tak menemukan praktik percaloan maupun pungli.

“Kami sebelumnya melakukan rapid assessment di wilayah Polda Metro Jaya, ada temuan di Kota Bekasi masih ada calo,” kata Kepala Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya,Teguh P. Nugroho,Selasa (18/9/2018).

Menurut Teguh,rapid assessment dilakukan pada April-Mei lalu. Di Polres Metro Bekasi Kota,kata dia,masih ada calo beraksi, namun hanya di luar. Sebab, kata dia,ketika itu calo tak bisa mengakses ke dalam,sehingga orang yang akan menggunakan jasa calo dibawa ke luar Kota Bekasi seperti Depok.

“Dari hasil rapid assessment,kami berikan masukan berupa pembersihan calo yang ada di Polres Metro Bekasi Kota,” ujar Teguh.

Ia mengatakan,Kapolres Metro Bekasi Kota cukup kooperatif dengan masukan tersebut. Hasilnya,kata dia,dalam sidak kali ini tak ditemukan calo. Bahkan, ia mengapresiasi layanan latihan ujian praktik membuat SIM setiap akhir pekan.

“Kami sangat menghargai,ini menunjukan bahwa Polri merupakan lembaga yang bisa bekerjasama dengan Ombudsman,” kata Teguh.

Karena itu,menurut Teguh pelayanan di Polres Metro Bekasi Kota patut menjadi proyek percontohan bagi Polres di setiap kota dan kabupaten di Indonesia.

“Saya akan bertemu dengan Kapolda dan Kapolri merekomendasikan Polres Bekasi Kota menjadi pilot project di tingkat kota/kabupaten di Indonesia,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.