Nike PHK Puluhan Ribu Buruhnya,Kado 30 tahun Nike diproduksi di Indonesia,Buruhnya dibuang begitu Saja

Decent work working group (DWWG),melakukan konfrensi pers di Kantor LBH Jakarta. Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.9/RW.2, Pegangsaan,Menteng, Jakarta Pusat,Selasa (9/20/2018)

Sebuah perusahaan ternama kelas dunia yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1988 membuat keputusan yang memukul telak para buruh buruhnya. Perusahaan itu adalah Nike. Setelah 30 tahun mengerjakan produk Nike dengan penuh pengorbanan dan dedikasi demi memenuhi standar kualitas Nike,tahun 2018 ini para buruh mendapat kado pahit penghentian order yang berujung pada gelombang penutupan pabrik dan tsunami PHK.

Upaya para buruh untuk meminta pertanggungjawaban Nike tidak mendapat respon sama sekali.

Sebagai contoh,dalam dua (2) tahun ini saja pabrik Nike, yaitu PT. Kaho Indah Garmen dan PT. Dream Sentosa Indonesia,ditutup karena Nike tiba-tiba menghentikan order akibatnya ribuan buruh yang mayoritas perempuan,kehilangan mata pencaharian. Para buruh ini sudah mengerjakan produk Nike selama 17 tahun. Praktek yang tidak bertanggung jawab seperti ini tidak dapat didiamkan karena berpotensi diikuti dengan penutupan pabrik-pabrik Nike lainnya, serta ditiru oleh korporasi-korporasi lain.

Nike adalah salah satu merk ternama yang memproduksi Apparel dan sepatu, dan saat ini sampai akhir 2019 Nike akan mencabut ordernya dari Indonesia, dan pabrik-pabrik yang sudah membuat kesepakatan berakhirnya kontrak kerja dengan Nike adalah PT. Kaho Indah Garmen-Bekasi PT. Dream Sentosa Indonesia-Karawang dan Kukdong Indonesia-Bekasi, Nike salah satu buyer yang ikut menyetujui dan menandatangi Protokol FOA (Fredom Of Asosiation) artinya Nike telah melanggar kesepakatan Isi dari Protokol FOA tersebut. (Ms)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.