Mata Air Bekasi – Situs Sumur Batu

Bersapedahan

Di Bekasi ada mata air ?

Heran kan … daerah Bekasi yang bisa di bilang flat … datar, banyak pabrik dan perumahan … mana mungkin..

Kenyataannya … selama kluyuran di Bekasi memang masih ada mata air.. benar … dan umumnya di keramatkan, seperti Sumur Ambaro, Sumur Binong, Sumur Awisan.

Tapi yang ini kabarnya mata airnya lebih wah … dan juga di keramatkan, namanya Situs Sumur Batu. Ternyata nama Sumur Batu ada di beberapa tempat… di Bekasi juga ada.

suasana desa di daerah Bekasi, jalanan sepi dan rimbunnya pohon bambu

Posisinya tepatnya saya tidak tahu hanya tahu daerahnya di Sumur Batu Bekasi…. ya berangkatlah saya kesana, melewati kalimalang, kemang pratama, narogong dan berbelok belok terus masuk ke dalam dalam.

Daerah sini masih banyak perumahan tapi suasana kampungnya masih terasa…masih ada rimbunnya pohon bambu, rumah2 berhalaman luas khas desa. Kluyuran sana sini tidak ketemu situsnya, pakai jurus pamungkas terakhir … ingat kata pepatah.. malu bertanya sesat di kehidupan.. haha… eitss salah ya.. hmmm

Lihat2 target bertanya … ada orang yang cukup berumur … nah ini cocok … “situs sumur batu??? keramat?? ” … ternyata orang daerah sini mengenalnya sebagai keramat. Dia menunjukkan arahnya … masih harus berbelok belok.. jadi mesti tanya 2 kali lagi dan… ini dia tempatnya, tepat di pinggir jalan di bawah rindangnya pohon besar.

Sepi.. hanya ada penjaganya, ngobrol2 dengan yang jaga disana… ternyata kalau malam lebih ramai orang datang kesini.

mata airnya ada di dasar kolam di balik batu

Dibawah pohon besar ada kolam yang airnya terlihat jernih bening, mata airnya ada di bawah batu di dasar kolam, makanya disebut sumur batu, padahal bentuknya bukan sumur ya.

Situs ini adalah petilasan Raden Surya Kencana dan dipercayai bahwa mata air ini bisa membawa keberkahan. Mengenai Raden Surya Kencana setelah saya googling ternyata ada beberapa versi, yang jelas beliau dianggap sebagai karuhun orang Sunda.

Berdasakan plang yang ada disana, situs ini sudah dimasukkan sebagai cagar budaya oleh pemkot Bekasi sehingga akan tetap dijaga keberadaannya.

Areal tanah merah di belakang perumahan Grand Wisata

sebagian area dijadikan track motocross sementara

Pulangnya sengaja saya sedikit melipir ke danau Cibereum Grand Wisata, masuk dari area belakang… ternyata manglingi.. gak hanya pengantin aja yang bikin pangling.. area perumahan juga bisa… hehe.. setahun lebih tidak kesini .. area yang diratakan untuk perumahan sudah makin luas. Dan karena belum di jadikan perumahan, area sebagian kecil areal tanah merah ini dijadikan arena motocross lengkap dengan berm dan jumping jumpingan.

Sekarang sudah ada tembok panjang yang memisahkan antara perumahan dan situ.
Karena sedang musim hujan, air danau situ Cibereum jadi lebih luas dan menggenangi pepohonan.

Sampai di warung tempat nongkrong pesepeda karena sudah jam 9an… sudah mulai sepi .. pas saya mampir … pesepeda terakhir pulang.. ya sudah sendirian aja… ngaso sejenak dan berangkat pulang.

sudah jam 10, warung pesepeda di Situ Cibereum sudah sepi

Sebenarnya pengen ngaso di area situs sumur batu, cuman ngga ada warung disana… padahal tempanya adem dan rindang.

Penasaran dengan mata air Situs Sumur Batu … ayo datang kesini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: