Lulusan SMKN 3 Kota Bekasi Banyak Diminati Dunia Usaha

SMK Negeri 3 Kota Bekasi
SMK Negeri 3 Kota Bekasi

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Bekasi menargetkan 70 persen siswanya yang akan menuntaskan pendidikan pada tahun ini bisa direkrut perusahaan.

“Target tahun ini kami tingkatkan dari realisasi tahun lalu sekitar 69 persen. Tentunya penetapan target harus lebih baik dari sebelumnya,” ucap Kepala SMKN 3 Kota Bekasi Sugiyono, Selasa (20/3/2018).

Peningkatan target yang dipatok Sugiyono tahun ini, tidak terlepas dari sejumlah ikhtiar yang sudah dilakukan. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan perekrut tenaga kerja lulusan SMKN 3 Kota Bekasi.

Menurut Sugiyono, ada 48 perusahaan yang sudah resmi menjalin kerja sama perekrutan tenaga kerja dengan perjanjian tertulis. Di luar itu, ada 132 perusahaan yang tidak diikat kerja sama secara resmi, tapi juga bersiap merekrut lulusan SMKN 3 Kota Bekasi.

“Banyaknya perusahaan yang bekerja sama itu menunjukkan bahwa lulusan SMKN 3 memang diminati dunia usaha karena keterampilan dan keahlian yang sudah terlatih selama mengenyam pendidikan di sini,” katanya.

Pada tahap awal, sebanyak 52 siswa kelas XII sudah resmi direkrut salah satu perusahaan yang menggelar seleksi pada Februari 2018. Sementara sisanya, kini masih bersiap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan digelar awal April 2018.

“Saat ini, fokus pada UNBK dulu, sebelum mempersiapkan perekrutan lagi,” katanya.

Sugiyono menambahkan, bagi siswa-siswanya, menghadapi UNBK lebih membutuhkan persiapan ekstra dibandingkan saat akan menjalani rekrutmen perusahaan.

“Harus kami akui kalau siswa kami lebih unggul penguasaan praktiknya karena memang sering dilatih, sementara penguasaan teorinya masih agak kurang, sehingga persiapan jelang UNBK memang harus lebih ekstra,” katanya.

Persiapan yang sudah dilakukan tersebut berupa pemantapan pemahaman dan penguasaan materi yang difokuskan kepada siswa sejak semester genap bergulir di awal tahun 2018.

“Latihan soal-soal secara ‘online’ rutin dilaksanakan kepada siswa. Mudah-mudahan siswa siap, sehingga SMKN 3 Kota Bekasi tak hanya unggul dalam hal penguasaan praktik, tapi juga paham teorinya,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: