Lowongan CPNS 2018 Kabupaten Bekasi Untuk 370 Personel

Pemerintah Kabupaten Bekasi mengajukan 370 lowongan pekerjaan pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018. Pengajuan lowongan CPNS 2018 Kabupaten Bekasi itu dilakukan untuk menambal defisitnya jumlah aparatur sipil negara akibat angka pensiun yang tinggi.

Meski demikian,pengajuan tersebut masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara. Jika disetujui, lowongan pekerjaan ini bakal diikut sertakan bersama seleksi CPNS yang digelar secara nasional yang dijadwalkan pada Agustus-September ini.

“Pengajuannya telah kami sampaikan pada beberapa bulan lalu.Kami ajukan karena memang kami kekurangan personel, dapat dilihat di berbagai satuan kerja perangkat daerah. Banyak yang memang kerepotan karena kurang pegawai,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bekasi, Oded S Yahya Rabu 22 Agustus 2018.

Namun,diakui Oded,proses seleksi untuk peneriman lowongan CPNS 2018 Kabupaten Bekasi ini belum diketahui. 
“Katanya kan bulan ini seleksi CPNS bakal dibuka secara nasional, tapi kami masih belum tahu, padahal sudah lebih dari pertengahan bulan,” ujar dia.

Jumlah lowongan pekerjaan yang diajukan itu, lanjut dia,mayoritas berada di sektor pendidikan dan kesehatan. Adapun pada posisi pegawai administrasi jumlahnya tidak signifikan. “Kebanyakan dari tenaga pendidikan,seperti guru karena banyak yang akan pensiun. Kemudian di kesehatan di lapangan jumlahnya belum menjangkau dibanding dengan jumlah penduduk. Ini berkaitan dengan komitmen Pemkab Bekasi dalam pelayanan kesehatan,”ucap dia.

Pensiun akibatkan lowongan CPNS 2018 Kabupaten Bekasi dibuka

Lebih lanjut diungkapkan Oded,jumlah ASN yang pensiun di Kabupaten Bekasi terbilang tinggi. Tahun ini,tercatat sedikitnya ada 300 ASN yang memasuki masa purna tugas sehingga dianggap perlu membuka lowongan CPNS 2018 Kabupaten Bekasi. Jumlah tersebut didominasi oleh guru dan beberapa pejabat struktural. Di antaranya Mantan Sekretaris Daerah Muhidin serta Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Aspuri.

“Makanya perlu ini penambahan pegawai karena banyak yang pensiun,terutama tenaga pendidik. Kemudian ada juga pejabat struktural beberapa yang diisi oleh para pegawai yang dipromosikan,” ucapnya.

Dikatakan Oded, jumlah ideal ASN Kabupaten Bekasi yakni 14.000 orang. Hanya karena banyak yang pensiun,ASN Kabupaten Bekasi saat ini berjumlah kurang dari 12.900 orang. Jumlah itu dipastikan berkurang karena tahun 2019 mendatang akan ada 400 ASN lagi yang memasuki masa pensiun.

“Untuk itu, semoga saja jumlah ASN baru yang kami ajukan dapat diproses. Karena sebenarnya jumlah ASN kami itu sempat menyentuh angka 14.000 orang pada dua tahun lalu, namun terus berkurang karena banyak yang pensiun. Maka kami harapkan kekurangan kami saat ini bisa segera diisi,”ucapnya.(PR)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.