KPU Kabupaten Bekasi Temukan Ribuan Surat Rusak

KPU Kabupaten Bekasi telah menyortir dan melipat seluruh surat suara untuk Pemilu 2019. Dalam proses itu ditemukan ribuan surat suara yang rusak.

“Ada kerusakan. Total persisnya saya belum tahu,tapi ada sekitar ribuan lah,ada sekitar 4.000 sampai 5.000an (surat suara),” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi,Jajang Wahyudi,ketika dihubungi, Rabu (13/3/2019).

Jajang mengatakan sejumlah surat suara diterima KPU Kabupaten Bekasi dalam keadaan rusak. Ia menduga kerusakan berasal dari pabrik yang memproduksi surat suara.

“Ada cacat dari pabrik,ada yang cacat karena ikatan dari pabrik. Macam-macam (jenis kerusakan) ada klasifikasinya,”ujar Jajang.

Kerusakan surat suara beragam. Mulai dari adanya noda hingga tinta warna surat suara buram.

“Warnanya buram,ada noda, lipatannya tidak bagus,sisi-sisinya tidak rata karena bekas kemasan plastik dari sananya,” ujar Jajang.

Jajang menduga robeknya surat suara karena penumpukan saat dikemas.

“Nanti dari Bawaslu dicek ulang bersama-bersama dengan kita. Setelah Bawaslu buat berita acara, nanti kita sampaikan ke KPU RI untuk dibantu,” ujar Jajang.

KPU Kabupaten Bekasi telah menyortir dan melipat 2.098.000 surat suara pilpres 2019. Pelipatan dilakukan di Gedung Wibawa Mukti,Sukamahi, Cikarang Pusat, Selasa (13/3). 878 petugas dikerahkan untuk melipat seluruh surat suara.(dtk)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.