Kota Bekasi Bakal Terapkan Sanksi Derek Dan Denda Bagi Kendaraan Parkir Sembarangan

Pemerintah Kota Bekasi segera menerapkan sanksi derek paksa bagi kendaraan yang parkir sembarang di ruas-ruas jalan Kota Bekasi.

Hal itu dilakukan setelah sebelumnya, sanksi kempes ban dianggap kurang efektif.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan,penerapan peraturan daerah tentang sanksi kendaraan parkir sembarangantelah disahkan Pemkot Bekasi dan disetujui DPRD Kota Bekasi.

“Itu sudah disahkan, jadi sama kaya DKI kendaraan parkir sembarangankan di derek dan dikenakan denda, kita juga sama seperti itu. Alhamdulillah perdanya sudah disetujui oleh dewan,” kata Yayan,Sabtu, (12/1/2019).

Sebelum adanya peraturan tersebut,pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menindak kendaraan yang parkir sembarangan dengan cara kempes ban.

Namun rupanya,upaya itu dinilai kurang ampuh membuat efek jera pengendara yang kerap memarkirkan kendaraan di bahu jalan atau trotoar.

“Selama inikan tidak ada denda, makanya kurang efektif mereka melakukan lagi (pakrir sembarangan), nanti dendanya sama Rp 500 ribu untuk mobil, Rp 200 ribu untuk motor,” ungkap Yayan.

Sejauh ini,pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk menjalankan program tersebut. Misalnya, pengadaan mobil derek, area penampungan kendaraan yang ditindak serta sistem pembayaran denda.

Adapun sistem pembayaran denda, Yayan menginginkan pembayaran dilakukan secara non-tunai atau melalui online agar uang denda tersebut dapat langsung masuk ke kas daerah.

“Sistem pembayaran kita mau rancang secara online agar langsung masuk ke kas daerah, itu semua sedang kita persiapkan mudah-mudahan, ketika semuanya siap kita langsung terapkan,”tegas dia.(trbn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: