Kepadatan Kota Bekasi Geser Medan dan Bandung,Ini Kata Pengamat

Landmark Kota Sumarecon Bekasi

Landmark Kota Summareccon Bekasi

Pengamat Tata Kota dari Universitas Tri Sakti,Yayat Supriatna menyebut Kota Bekasi kini menempati kota terpadat ke-3 di seluruh Indonesia menggeser dua kota besar lainnya,Bandung dan Medan.

Hal itu terungkap dalam Paparan Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro di Seminar Nasional Pembangunan Kota dan Wilayah Berkelanjutan di Universitas Trisakti kemarin.

Loading...

“Data ini semakin mempertegas kepada kita bahwa komposisi kota kota metropolitan telah berubah,” kata Yayat ketika dikonfirmasi Tempo di Bekasi, Rabu,27 Maret 2019.

Menurut data Bappenas, kata dia,jumlah penduduk di Kota Bekasi mencapai 2,7 juta jiwa, di bawah Kota Surabaya yang mencapai 2,8. Adapun data dari Badan Pusat Statistik setempat, penduduk Kota Bekasi per tahun 2017 mencapai 2.873.484 atau menyamai penduduk Surabaya versi Bappenas.

“Tantanganya adalah bagaimana pengelolaanya agar keberlanjutannya sehingga tidak merusak daya dukung lingkungannya dan kehidupan makin berkualitas,”ujar dia.

Kota Bekasi yang menjadi kota terpadat ketiga menurut dia, sangat membutuhkan prasarana dan sarana dasar pelayanan perkotaan.Baik dari sisi kebutuhan air minum,sanitasi dan masalah persampahan.

“Masalah yang sangat mendesak saat ini adalah persoalan konektifitas dengan kota utama (Jakarta) terkait transportasi,” kata dia.(tempo)

Loading...

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.