Kata Din Syamsuddin Liberalisme Adalah Ancam Kedaulatan Negara

Prof Din samsudin
Prof.DR.Din syamsudin

Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin menegaskan bahwa kedaulatan Indonesia harus ditegakkan. Kedaulatan tak akan tegak jika alam dikuasai asing.
“Kita berharap masalah kedaulatan ini bisa kita tegakkan, dan kita di MUI melihat persoalan kedaulatan tidak semata-mata tidak bersifat teritorial,” kata Din dalam Rapat Pleno Wantim MUI ke-26 yang membahas Tantangan dan Ancaman Kedaulatan Negara di Kantor MUI Pusat, Rabu (21/03/2018).
Din mengatakan majelis ulama melihat persoalan kedaulatan sebagai sesuatu yang lebih luas. Tak hanya sebatas teritorial, tetapi juga kultural, politik, ekonomi, dan ideologi.
Berkembangnya ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila juga menjadi ancaman kedaulatan negara. Din mencontohkan acaman liberalisme dan komunisme.
“Berkembangnya isme-isme yang bertentangan dengan Pancasila seperti komunisme, liberalisme ini perlu kita lihat sebagai ancaman terhadap kedaulatannya kita,” tuturnya.
Selain itu, Din juga menegaskan bahwa keadaan masyarakat saat ini jika dikaitkan dengan isi Pancasila justru bertolak belakang. Amanat sila kelima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dinilainya masih jauh panggang dari api.
“Kita lihat kekayaan di negara hanya dikuasai segelintir. Bagaimana kedaulatan akan tegak, tapi kedaulatan alam dikuasai asing,” tukasnya.(kiblat)

Tinggalkan Balasan