Kali Bekasi Tercemar,Perlu Penanganan Yang Serius

Kali Bekasi

Kali Bekasi

Pencemaran Kali Bekasi tak surut,bahkan seperti tak terkendali. Akibat tercemar, membuat air Kali Bekasi berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau amis dari ikan yang mati akibat keracunan.
 
Lokasi terdampak dari pencemaran Kali Bekasi meluas. Curug Parigi juga terkena imbasnya. Curug Parigi merupakan wilayah perbatasan yang menjadi titik pertemuan Sungai Cileungsi dengan Kali Bekasi. Apalagi,Sungai Cileungsi juga tercemar. Situasi air sungai di lokasi tersebut sempat berubah hitam kental dan mengeluarkan buih.
 
Yang memprihatinkan,Curug Parigi merupakan kawasan wisata di Kota Bekasi dengan objek air terjun mini. Namun, kini, air di Curug Parigi sangat parah. Air terjun mini yang membawa limbah mengendap ke dasar sungai dan mengeluarkan bau tidak sedap.
 
Bahkan dalam pantauan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) mendapati ada warga yang menjadi korban pencemaran Kali Bekasi di kawasan Curug Parigi,Kecamatan Bantargebang,Kota Bekasi.
 
Ada beberapa warga di Perumahan Villa Nusa Indah V di Desa Cihangsana, Kabupaten Bogor yang keracunan limbah sungai. Mereka tinggal di dekat Curug Parigi. Oleh karena itu,kami berharap seluruh instansi terkait agar serius menangani situasi itu. Berikan tindakan hukum yang tegas terhadap oknum pencemar sungai.
 
Cari pula sumber pencemar lainnya, mumpung air sungai kering selama kemarau sehingga lebih mudah melakukan monitoring. Ketiga,restorasi Kali Bekasi dan Sungai Cileungsi perlu disegerakan. Kali Bekasi dan Sungai Cileungsi perlu penanganan yang komprehensif agar tak lagi menjadi ancaman penyebab banjir banjir atau pencemaran.
 
Seharusnya segera ada tindakan nyata dari pemerintah untuk segera menangani situasi ini. Kasus pencemaran Kali Bekasi tak bisa dianggap remeh. (Investor daily)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.