Ini 5 Cara Percepat Proses Charging Smartphone

Ilustrasi

Ilustrasi charging smarphone

Meskipun saat ini banyak produsen smartphone menawarkan fitur baterai besar dan fast charging,namun tetap saja akan sering mengalami lowbat jika digunakan secara terus menerus. Bahkan,kejadian lowbat seperti ini bisa terjadi dua sampai tiga kali dalam sehari, sesuai dengan pemakaian. Tentunya tergantung kapasitas baterai terbsebut.

Di kutip dari selular.id Semakin besar kapasitas baterai,semakin awet daya pemakaiannya. Sebaliknya,semakin kecil kapasitas baterai,semakin sering lowbat.

Penyebab baterai sering lowbat bukan karena usia baterai saja melainkan Anda terlalu sering menggunakan smartphone untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Ketika Anda sedang sibuk sekali, tentunya Anda tak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang baterai.

Hal ini dikarenakan proses charging biasanya memakan waktu lama,sekalipun smartphone Anda didukung fitur fast charging. Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam mengisi ulang baterai smartphone Android Anda.

Berikut lima tips yang dapat mempercepat proses charging smartphone Android Anda.

1. Jangan Charger Smartphone Android Anda dalam Kondisi 0%

Sebaiknya charge smartphone Anda dalam keadaan 50%. Dengan demikian proses charging jadi lebih cepat dibandingkan mengisi ulang baterai smartphone dalam kondisi 0%. Sebaiknya, jangan charge smartphone Anda dalam kondisi 0%. Karena mengisi ulang baterai dalam kondisi 0% dapat memperlambat proses charge bahkan dapat memperpendek usia baterai smartphone Anda.

2. Gunakan charger original

Setiap vendor smartphone, tentunya sudah menghitung seberapa besar tegangan dan aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Oleh karena itu, sebaiknya selalu gunakan charger original ketika melakukan pengisian ulang baterai smartphone Anda. Selain lebih cepat, penggunaan charger original juga membuat baterai lebih awet.

3. Aktifkan Airplane Mode

Sebaiknya,aktifkan airplane mode pada smartphone Android Anda. Dengan demikian, maka semua jaringan akan terputus. Hal Ini dapat mempercepat pengisian ulang baterai sebab konsumsi baterai tidak begitu banyak digunakan saat segala macam koneksi dalam keadaan non aktif.

4. Gunakan Aplikasi Pendukung

Untuk mempercepat proses charging smartphone Android Anda, gunakan juga aplikasi pendukung seperti fast charging. Aplikasi ini dapat membuat pengisian lebih cepat hingga 20 persen sampai 40 persen tergantung smartphone yang digunakan.

5. Nonaktifkan Smartphone Saat Proses Charging

Pada saat proses charging, sebaiknya matikan smartphone Anda. Langkah ini dapat mempercepat proses serta memperpanjang usia baterai smartphone Anda. Metode ini sama seperti dengan mengaktifkan airplane mode namun jauh lebih efektif dan dijamin akan membuat pengisian ulang menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan baterai tidak mengeluarkan daya sama sekali pada saat proses charge.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.