Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW


Siapa diantara kita yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat. Jelas, semua manusia pasti menginginkan itu. Di dalam islam, semua yang telah Allah dan Rasulnya per yang baik dan bagus untuk hambanya.

Seiring umat islam, kita juga harus tumpul dan bersyukur karena memiliki sosok manusia terbaik dan teladan yang bisa kita contoh dalam segala hal apapun yang dia lakukan. Ya, beliau adalah Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam yang telah Allah utus untuk menyampaikan ajarannya yaitu agama islam.

Salah satu ajaran beliau yang sangat berharga salah yaitu mengjarkan cara hidup sehat menurut islam. Beliau SAW sangat menjaga kesehatan fisik.

Oleh karena itu, beliau di sepanjang hidup hanya menderita sakit sebanyak 2 kali, saat diracuni oleh seorang budak wanita sekaligus saat menjelang wafatnya.

Bagi sebagian orang, sehat itu sesuatu yang mahal. Bahkan ada orang-orang yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli suplemen mahal, diet, hingga terapi hanya untuk mendapat tubuh yang sehat.

Dan tidak sedikit pula orang yang sudah lansia menghabiskan uang pensiunannya mereka untuk berobat.

Ternyata untuk sehat itu mahal ya? Ah, enggak juga. Mungkin pola hidup aja yang salah. Tentunya menjaga kesehatan itu sulit. Rasulullah SAW telah memberikan contoh hidup yang sehat, firman Allah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS Al Ahzab 33:21)

Cukup ikuti aja cara hidup sehat ala Rasulullah SAW insya Allah anda akan terhindar dari segala macam penyakit.

Berikut ini cara hidup sehat menurut islam yang dicontohkan Rasulullah SAW:

1. Memakan Makanan Yang Halal Dan Baik

cara hidup sehat menurut islam

Rasulullah merangkul kita untuk makanan yang halal juga baik seperti: buah-buahan (buah timah, kurma, delima, anggur, zaitun), ikan laut segar, daging, madu, susu dan gandum.

Dia SAW bersabda:

Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah. Sesungguhnya dia berasal dari pohon yang diberkahi. “(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad az Zubair, dan diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim)

Di pagi hari, dia sarapan dengan segelar air yang dicampur dengan sesendok madu. Madu yang kaya akan bermanfaat selain bisa menjaga daya tahan tubuh, juga bisa menjadi obat bagi segala macam penyakit. Menurut ilmu kesehatan, madu dapat menyembuhkan sembelit, bersih lambung, cuci wasir, peradangan dan lainnya.

Saat telah masuk waktu dhuha, Rasulullah SAW makan dengan tujuh butir kurma ajwa. Mengonsumsi kurma selain bisa menyehatkan juga bisa menangkal dan menetralisir racun.

 “Barangsiapa uluhan kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun dan sihir” (HR Bukhari & Muslim)

2. Tidak Berlebihan Saat Makan

cara hidup sehat

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), maunya sepertiga perutnya (persediaan) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas “.

Mungkin tidak semua orang bisa makan dengan beberapa suapan seperti rupa Rasulullah. Apa yang kita inginkan dari kita jika memiliki tubuh yang sehat.

Ses Imam Asy-Syafi’I rahimahullah menjelaskan,

“Karena kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, sering tidur dan lemah untuk beribadah”.

3. Tidur Di Awal Malam, Bangun di Akhir Malam

cara tidur sehat

Rasulullah SAW biasa kepada umatnya untuk tidak berbincang-bincang (begadang) setelah isya kecuali ada keperluan.

Aisyah ra berkata: “Nabi SAW tidur di awal malam dan malam malam (dengan menunaikan shalat malam). (HR Ahmad)

Jika ditinjau dari ilmu kesehatan itu, sangat bermanfaat jika kita tidur di awal malam. Waktu tidur yang ideal adalah 8 jam. Dalam pembagiannya dari 24 jam, untuk 1 hari dan 1 malam, 1/3 digunakan untuk bekerja, 1/3 digunakan untuk beribadah dan 1/3 digunakan untuk istirahat (tidur yang cukup).

Tentu saja pembagian waktu itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Berolahraga Raga Secara Rutin

cara sehat dengan berolahraga

Rasulullah SAW adalah sosok yang gemar berolahraga, bahkan sebaliknya mengajak Aisyah ra dan menganjurkan anak-anak untuk dilatih memanah, berkuda dan berenang.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR Sahih Bukhari dan Muslim)

Selain olahraga berkuda, memanah dan berenang, beliau juga melakukan jenis olahraga lain dan dia juga terkenal sebagai jago gulat. Disini menunjukkan bahwa dia tidak hanya memiliki tubuh yang sehat saja namun juga kuat.

Rasulullah bersabda: “Ketahuilah yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim). Di dalam hadits lain juga dijelaskan: “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR Bazzar dan Thabrani).

5. Rajin Berpuasa Sunnah

cara sehat dengan berpuasa

Beberapa puasa yang biasa dilakukan Rasulullah yaitu puasa senin kamis, ayyamul bidh (3 hari dalam bulan) atau puasa daud (puasa selang-seling).

Di dalam ilmu kesehatan, banyak manfaat yang akan didapat saat berpuasa, selain menyehatkan, puasa juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

  • Penyakit hati
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Asma dan saluran pernafasan, dll

****

Hidup itu tidak sulit bukan? Anda tidak perlu membeli obat atau vitamin. Cukup dengan cara cara hidup sehat ala Rasulullah SAW, insya Allah tubuh kita akan sehat secara jasmani dan rohani.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.