Sen. Sep 16th, 2019

Hidup Sederhana Tanpa Hutang

3 min read

Setiap manusia pasti mendambakan hidup sederhana tanpa hutang! Oh alangkah nikmatnya hidup ini jika tanpa hutang,hidup tentram tanpa beban pikiran walaupun hidup sederhana tapi tanpa hutang.

Loading...

Tidah bisa disangkal bahwa dalam hidup kta menginginkan memiliki ini dan itu,dan semuanya membutuhkan uang untuk menggapainya.

Nah apakah kita punya uang disaat hidup yang serba pas-pasan? Mau tidak mau kita harus meminjam uang dari orang lain ataupun kerbat. Sungguh suatu hal yang menjadi beban berat dikemudian hari untuk melunasinya. Terkadang disaat Gajian tanggal muda,harus sudah menyisihkn lagi untuk membayar segala hutang pinjaman,bahkan sampai seperempat dari gaji harus terpakai untuk membayar hutang. Hal ini sangat-sangat membuat hidup sungguh tidak nyaman.

Nah bagaimana caranya agar hidup sederhana tanpa hutang? Berikut akan saya bagikan tips-tipsny kepada kawan-kawan sekalian,semoga bermanfaat:

  • Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk berutang atau meminjam uang kepada orang lain. Cobalah dahulu menahan nafsu keinginan-keinginan anda untuk tidak segera membeli barang-barang yang kamu inginkan. Dengan bgitu kamu akan terhindar dari meminjam uang bulan ini, usahakan bulan depan juga demikian, jangan meminjam uang, tetapi malah tabunglah sedikit demi sedikit uang anda.
  • Menabung sedikit demi sedikit tiap bulan. Hal ini lebih baik daripada anda memnjam uang tiap bulan untuk keinginan anda membeli barang-barang yang tidak terlalu perlu. Jik anda menabung sedkit saja bulan ini dan sedikit lagi bulan depan, niscaya beberapa bulan kedepan anda telah mempunyai tabungan cukup uang untuk membeli barang yang anda butuhkan tersebut, dengan tetap memprioritaskan barang yang dibutuhkan terlebih dahulu.
  • Prioritas terhadap barang yang sangat penting untuk dibeli akan baik dan menghidarkan anda dari meminjam uang untuk membeli barang-barang lain yang tidak terlalu perlu saat ini. Dengan disiplin seperti ini niscaya anda tidak akan berhutang kepada orang lain.

Hutang ini menjadi momok setiap orang yang sudah berkeluarga. Disaat kebutuhan sandang,pangan dan papan yang sudah semakin tinggi harganya. Biaya rumah tanggasehari-hari, biaya pendidikan anak,biaya kesehatan keluarga, belum lagi biaya-biaya tak terduga lainnya. Itu semua pasti akan menguras habis keuangananda sebagai orang tua.

Jika terpaksa harus berutang, harus hitung dengan cermat besarnya utang yang akan dipinjam,sesuaikan dengan kebutuhan yang urgent/sangat perlu didahulukan dan sesuaikan gaji/pemasukan anda, maksudnya adalah gaji/peghasilan anda teah anda hitung dengan cermat bahwa buan berikut akan bisa untuk melunasi.

Akan lebih indah menjalani hidup sederhana tanpa hutang. Tidak perlu bermewah-mewah, tidak stress tiap bulan he he … ?

Bagaimana caranya hidup tanpa hutang?

Simpel saja jawabannya: Rubah Gaya Hidupmu! Sudah itu saja.

Yang membuat orang berutang adalah gaya hidup yang terlalu mewah dan mengikuti alur jaman yang memaksanya bergaya mewah padahal tidak memiliki uang,yang ujungnya sudah pasti berutang. Hidarilah gaya hidup memwah tersebut. Gaya hidup tidak akan membuat anda bahagia jika anda memiliki banyak hutang! Percayalah.

Syukuri dan nikmati apa yang ada yang Tuhan sudah berikan dengan tetap selalu bersyukur, niscaya dengan banyak bersyukur kepada Tuhan, maka Tuhan akan menambahkan segala sesuatunya padamu dan hidupmu akan tercukupi. Amin.

Inti hidup bukan dengan gaya hidup tapi dengan tetap beryukur dengan apa yang Tuhan telah berikan, hidup sederhana tanpa hutang adalah ssebuah kebahagiaan tiada tara.(kudo)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.