Harga Jengkol di Bekasi Tembus Rp 70.000 Per Kilogram 

Harga jengkol di Pasar Baru Bekasi,Bekasi Timur,Kota Bekasi tembus Rp 70.000 per kilogram (kg),Rabu (18/07/2018).

Loading...

Alex,pedagang jengkol di Pasar Baru Bekasi mengatakan,sudah 2 bulan harga jengkol itu Rp 70.000 per kg,sebelumnya harga normal jengkol Rp 40.000 per kg.

“Sudah 2 bulan ini harganya terpatok di Rp 70.000 per kilo,harga normalnya mah biasanya cuman Rp 40.000 per kilo,”kata Alex.

Menurut Alex,melonjaknya harga jengkol disebabkan oleh lamanya panen jengkol dari petani. Hal tersebut mengakibatkan langkanya jengkol,sehingga harganya melambung tinggi.

“Di sananya belum panen,jadi jengkol ini lagi langka makannya harganya tinggi banget sampai sekarang,”ujar Alex.

Melonjaknya harga jengkol membuat penjualan jengkol yang dialami Alex menurun drastis. Ia mengaku peminat jengkol sangat banyak jika harganya normal. Namun setelah harga jengkol naik, peminatnya jadi berkurang.

“Waktu masih normal peminatnya banyak, tapi setelah 2 bulan ini naik jadi berkurang drastis peminatnya,kita juga susah jualnya,”ucapnya.

Hal tersebut juga dialami Sanjay penjual jengkol lainnya di Pasar Baru Bekasi,ia mengatakan peminat jengkol kini berkurang karena melambungnya harga jengkol.

“Peminatnya emang berkurang tapi kalo yang beli ada aja sih mungkin yang gila jengkol kali yah,”kata Sanjay.

Fikry salah satu pembeli jengkol yang berprofesi sebagai pengusaha warung makan mengaku keberatan dengan harga jengkol yang mencapai Rp 70.000 per kg.

Ia biasa membeli 2 kg jengkol untuk dijual di warung makannya,namun ketika harga jengkol naik,ia tidak menjual jengkol di warungnya. Ia hanya membeli jengkol dengan seperempat Kg untuk dikonsumsi sendiri.

“Saya punya warteg (warung tegal) biasanya saya ada jengkol karena banyak yang minta, tapi karena harganya seginu saya tidak jual dulu karena bingung jualnya,” ujar Fikry.

Selain jengkol,harga macam-macam sayuran lainnya juga ikut melonjak, seperti kol,wortel,kacang panjang,daun bawang,tomat,dan cabe rawit.

Adapun harga sayuran tersebut berdasarkan hasil pantauan Kompas.com di Pasar Baru Bekasi ialah kol harga normal Rp 5.000 per Kg menjadi Rp 7.000 per Kg, wortel harga normal Rp 7.0000 per Kg menjadi Rp 10.000 per Kg, l kacang panjang harga normal Rp 10.000 per Kg menjadi Rp 15.000 per Kg, daun bawang normal Rp 15.000 per Kg menjadi Rp 20.000 per Kg, tomat harga normal Ro 7.000 menjadi Rp 10.000 per Kg, dan Cabe rawit harga normal Rp 40.000 per Kg menjadi 60 ribu perkilo.(kompas)

Loading...

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.