GSBI PT.KFN Mendukung Penuh Perjuangan Buruh PT.Ayam Manggis V 

Pada  13 Juni 2018 puluhan karyawan PT. Ayam Manggis V Kampung Legos, Desa Nyangkowek,Kecamatan Cicurug, melakukan aksi mogok kerja.

Aksi ini dilatarbelakangi pemutusan hubungan kerja salah satu pegawai, yang disebut-sebut dilakukan secara sepihak oleh pihak perusahaan.

Pemutusan hubungan kerja tersebut dialami oleh Sandi Sutrisno. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Buruh PT Ayam Manggis V itu diberhentikan per 18 Juni 2018 dengan alasan habis massa kontrak.

Sandi sendiri telah bekerja lebih dari 9 tahun, dari aturan, norma sistem kontrak kerja (PKWT) sudah tidak sesuai lagi,Bahkan apabila dilihat dari jenis pekerjaannya,juga tidak bisa atau tidak boleh menggunakan PKWT sesuai pasal 59 UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

FOTO: IST PROTES: Buruh peternakan mendatangi PT Manggis V di Kampung Legos, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, kemarin.
Protes Buruh peternakan mendatangi PT Manggis V di Kampung Legos,Desa Nyangkowek,Kecamatan Cicurug, 

Terkait Peristiwa tersebut Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) PT.KFN Kota Bekasi,Mendukung penuh perjuangan buruh dan serikat buruh PT. Ayam Manggis V di Kabupaten Sukabumi yang hingga hari ini masih terus berjuang demi terlaksananya hak-hak buruh dan kerja yang bermartabat serta berkeadilan.

“Gabungan Serikat buruh indonesia PT.Komponen Futaba Nusapersada (GSBI PT.KFN) kota bekasi menyerukan agar kita (buruh) semua memberikan dukungan kepada kawan-kawan yang masih berjuang melawan PHK kepada Sdr. Sandi ketua serikat buruh dan melawan kebijakan managemen  PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi yang patut di duga melakukan pelanggaran norma kerja termasuk pelanggaran atas kebebasan berserikat” Jelas Purwanto kepala departemen diklat dan propaganda GSBI PT.KFN,Jumat (22/6/2018).

GSBI PT KFN juga mengecam tindakan PT.Ayam Manggis V yang telah melakukan Union Busting


“Kami juga mengecam keras prilaku PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi yang patut dapat di duga telah melakukan pemberangusan serikat buruh (union busting) dengan melakukan PHK sepihak kepada Sdr. Sandi Ketua serikat buruh Independen” Kata Purwanto.

Dalam hal ini GSBI PT.KFN juga mendukung DPC GSBI Kabupaten Sukabumi untuk segera melaporkan PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi kepada Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans  Propinsi Jawa Barat atas pelanggaran Norma Kerja di lingkungan kerja PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi.

“Untuk itu kami mendesak pihak perusahaan untuk memenuhi tuntutan apa yang menjadi hak buruh, memanggil kembali Sdr. Sandi untuk bekerja pada tempat ke bagian semula serta memenuhi hak sebagaimana biasanya” Ujarnya.

Purwanto menambahkan,GSBI PT.KFN juga menghimbau agar perusahaan PT.Ayam Manggis V menghapus sistem kerja kontrak.

“Kami menghimbau agar pihak perusahaan menghapus sistem kerja Kontrak dan buruh harian lepas di lingkungan kerja PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi.” Tegasnya.(abiefay)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.