Dovisioso Berjaya Di MotoGP Musim Pembuka Losail Qatar 2019

Dovisioso Berjaya Di MotoGP Musim Pembuka Losail Qatar 2019

Dovisioso Berjaya Di MotoGP Musim Pembuka Losail Qatar 2019

Race MotoGP perdana yang disiarkan langsung oleh trans7 cukup menegangkan.Terlebih di lap atau tikungan terakhir,dimana balapan kali ini digelar disirkuit Losail Qatar, Minggu (10/3/2019).

Sebenarnya permintaan marques akan pencapaian top speed telah di penuhi oleh HRC Honda dalam gelaran moto gp musim kali ini,salah satu pekerjaan rumah yang belum mampu di hadirkan honda pada musim lalu.

Tak seperti yamaha yang fokus pada chasis atau elektronik,Suzuki justru pada musim 2019 ini melakukan improvement besar-besaran yaitu merubah chasis carbon,sampai knalpot dua exhoust.Yang menurut pengamatan awam sangat tidak mungkin,tapi justru berimbas pada performa baik.

Atas rombakan suzuki inilah performa baik ditunjukkan Alex rins dalam duelnya dengan marques (honda) dan dovisioso (Ducati) walaupun melakukan kesalahan dalam overtake di tikungan,alhasil harus puas berada diposisi ke-4.

Team Ducati kendati beberapa persoalan menimpa ridernya seperti Jack miller-karena masalah Jok motornya terlepas,duo Ducati Pramac: Bagnaia & Petruci kesalahan teknis serta pemilihan ban,mampu di bayar lunas oleh aksi Dovisioso.

Petruci sempat memuncaki top three dalam beberapa lap,namun tercecer di posisi ke enam imbalan dari kurang tepatnya dalam pemilihan ban (soft/soft) yang sejatinya pilihan itu hanya biasa digunakan seorang Lorenzo saat masih bersama Ducati,sehingga mengakibatkan kehabisan ban,momen itulah digunakan Rossi untuk merebut posisinya.

Sedangkan urutan ketiga di ambil curcluthlow,diuntungkan dari kesalahan Alex rins saat di tikungan terakhir.Rossi sendiri terseok-seok tak mampu overtake dua riders didepannya hingga puas di posisi ke empat,setelah tak mampu lagi mengejar Alex rins dan curcluthlow.

Dovisioso begitu gigih bisa mempertahankan posisi bahkan di beberapa korner terakhir duel dengan marques.dia mampu memainkan ritme,tidak terpancing,kemudian menunggu si baby alien melakukan tusukan dan akhirnya finish pertama.

Hasil wawancara setelah race,didapati bahwa Kubu honda sendiri sepanjang persiapan musim ini banyak riders yang cidera,baik curcluthlow maupun Mark marques.Diakui marques sepanjang balapan ada trouble yang dialaminya di front tire ( ban depan).dia juga menambahkan Sirkuit Losail ini bukan trek yang cocok untuk honda,tapi dia mencoba berusaha meskipun harus berada di belakang dovisioso.

Beda dengan mereka,dovisioso sendiri memberikan tanggapan tidak ada strategi dalam race pembuka.dia cukup tenang dalam menjaga keausan pada ban belakang saat meladeni perlawanan berat marques.

Tahun lalu dia menang diseri pembuka tapi kemudian dibeberapa seri berikut nya justru malah marques yang tampil cukup dominan hingga di Mugello.

Berada dipadang pasir membuat karakter Sirkuit Losail Qatar berbeda dengan sirkuit lain.Sirkuit ini menurut para riders MotoGP membuat mereka tidak mampu mencapai presisi line.

Faktor adanya angin yang cukup kencang,lokasinya yang berada di padang pasir,terkadang angin yang berembun membawa pasir lembut yang mengakibatkan tidak ada grip di saat pembalap melakukan titik pengereman,selain itu juga kelembaban dimalam haripun sangat tinggi sehingga memunculkan embun diatas aspal.

Berikut 10 besar Riders yang berjaya di MotoGP musim pembuka Losail Qatar 2019 :

1. Dovisioso
2. Marques
3.Curclatlow
4.Alex rins
5.Valentino Rossi
6.Petrucci
7.Vinalles
8.jack miller
9. Nakagami
10.Espagaro

(Said)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.