Disnaker Kota Bekasi Belum Terima Aduan Soal THR

Ilusrasi THR

Ilusrasi THR

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi membuka posko pengaduan penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran.Posko ini menindaklanjuti soal kewajiban perusahaan membayarkan THR keagamaan untuk para karyawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker Kota Bekasi,Sudirman mengatakan,hingga saat ini pihaknya belum menerima satu pun aduan berkenaan karyawan suatu perusahaan yang belum dibayarkan tunjangannya.

Meski demikian,dia mengaku tidak segan untuk menindak perusahaan yang kedapatan tidak membayarkan hak karyawan tersebut karena wajibnya pembayaran THR sudah diatur dalam peraturan pemerintah pusat.

“Jika ada,maka akan kami datangi dan kami lakukan evaluasi perusahaan tersebut sehingga hak-hak karyawannya bisa diberikan,”ujar Sudirman, Kamis (31/5/2019).

Disebutkan,posko ini sudah dibuat tidak lama sejak pemerintah pusat membuat edaran. Posko ini dibuka tiap hari kerja mulai pukul 07.00-15.00 WIB.

“Posko pengaduan terkait THR bisa dimanfaatkan jika memang ada pelanggaran,”kelasnya.

Untuk diketaui, Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dakhiri menerbitkan Surat Edaran Nomor 2 tahun 2019 tentang Pelaksanaan THR Keagamaan Tahun 2019. Edaran yang ditandatangani pada 14 Mei itu ditujukkan kepada para gubernur.

Sementara itu, untuk mengantisipasi perusahaan yang telat dan atau tidak membayar THR sesuai regulasi, pihaknya menyiapkan sanksi sebagaimana Permenaker Nomor 20 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.