Sel. Des 10th, 2019

Kabar Berita Dan Jurnalisme Warga

Disnaker Kota Bekasi Anjurkan PT. Sungintex Pekerjakan kembali Darkisem

Darkisem buruh PT.Sungintex yang di PHK
Darkisem buruh PT.Sungintex yang di PHK sepihak

Disnaker Kota Bekasi Melalui mediatornya mengeluarkan Anjuran untuk PT. Sungintex (Sioen Indonesia) untuk mempekerjakan kembali dan membayarkan seluruh hak Buruh yang di PHK sepihak karena mengajukan cuti hamil dan melahirkan.

Adalah Darkisem seorang buruh bagian operator sewing sample diperusahaan PT. Sungintex yang mulai bekerja pada tanggal 23 Februari 2014 dipaksa untuk terima PHK disaat mengajukan cuti hamil dan melahirkan dan terhitung mulai tanggal 24 Nopember 2017 diputuskan hubungan kerjanya oleh pihak perusahaan.

Loading...

Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi melalui Mediatornya,Menganjurkan agar Pihak  perusahaan PT. Sungintex untuk mempekerjakan kembali Sdri. Darkisem terhitung tanggal 1 Agustus 2018 dan membayarkan upahnya dari bulan Maret 2018 sampai dengan bulan Juli 2018  sesuai keputusan Gubernur  No: 561.Kep.165-Yan bangsos/2017 tanggal 21 Nopember 2017 dan membayarkan THR tahun 2018.

“Bahwa Selanjutnya atas isi Anjuran dari Dinas tersebut Kami berharap perusahaan menindaklanjuti dengan menjalankan anjuran tersebut.”Kata Ani Nurhayati ketua SBGTS-GSBI PT.Sungintex,Sabtu (22/7/2018).

Sesuai dengan hukum di Indonesia,tidak dibolehkan buruh hamil atau melahirkan di PHK.

“Dalam kasus darkisem perusahaan telah melakukannya berarti patut di duga bahwa pihak perusahaan telah melakukan tindakan intimidasi terhadap anggota serikat buruh yang aktif apalagi Sdri. Darkisem adalah koordinator lapangan SBGTS-GSBI PT.Sungintex .” Jelas Ani

Loading...
Loading...