Disdukcapil Kota Bekasi Musnahkan Ribuan E-KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kota Bekasi melakukan pemusnahan 25.653 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Rabu,(19/12/2018).

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan drum besar,KTP-el yang dimusnahkan merupakan KTP-el yang kategorinya invalid atau rusak.

Misalnya seperti perunahan nama,alamat,atau perubahan data cetak lainnya.

“KTP yang dimusnahkan adalah KTP-el yang warga minta ganti karena ada masa berlakunya jadi diminta ganti dengan masa berlaku yang seumur hidup, kemudian yang non-elektronik juga ada, kemudian KTP-el yang salah cetak artinya double saat proses pencetakan,” kata Kadisdukcapil Jamus Rasidi.

Terdapat empat drum, dua drum besar dan satu drum kecil, pemusbahan berlangsung di halaman Kantor Disdukcapil Kota Bekasi.

Saat proses pemusnahan, aparat dari Kodim 0507,Polres Metro Bekasi Kota,serta Kejaksaan Negeri Bekasi turut hadir dan menyalsikan langsung.

Jamus mejelaskan, pemusnahan ini sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid,yang ditujukan kepada bupati dan wali kota di seluruh Indonesia.

“Sesuai perintah surat edaran Kemendagri untuk melakukan pemusnahan terhadap KTP yang kategorinya invalid atau rusak, ini untuk menghindari jangan sampai ktp ini digunakan untuk hal-hal yang tidak benar,” katanya.

Adapun 25 ribu lebih KTP-el yang dimusnahkan merupakam akumulasi sejak peralihan sistem KTP dari non-elektronik ke elektronik. Pihaknya selam ini mengumpulkan barang bukti tersebut hingga terkumpil sebanyak itu.

“Jadi selama ini kita simpan karena setiap tahun itu ada monitoring dari Kemendagri dan hari ini kita lakukan pemusnahan sesuai surat edaran Kemendagri,”katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: