Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Beri Vitamin A Untuk Balita 

Pemberian Vitamin A Pada Balita
Pemberian Vitamin A Pada Balita

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi,Jawa Barat akan memberikan kapsul vitamin A secara gratis untuk anak-anak usia balita yakni enam sampai 59 bulan dalam kegiatan Bulan Vitamin A.

“Kegiatannya nanti di Posyandu dan Puskesmas se-kabupaten ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti di Cikarang,Selasa (31/7/2018).

Enny mengatakan kegiatan Bulan Vitamin A merupakan program rutin Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan selama dua bulan dalam setahun, yakni pada Bulan Agustus dan Februari. Untuk itu pihaknya mengharapkan adanya partisipasi aktif dari para ibu yang memiliki anak usia balita.

“Kepada para ibu yang memiliki anak usia balita agar memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya dengan membawa buah hatinya ke Posyandu atau Puskesmas terdekat,” katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supri Dinata menambahkan acara pemberian Vitamin A secara cuma-cuma kepada balita juga akan dibarengi dengan acara sosialisasi penyebaran informasi mengenai pentingnya asupan vitamin A.

“Pemberian kapsul vitamin A gratis dilakukan untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan daya tahan tubuh bagi balita dalam melawan penyakit,”katanya.

Dia menjelaskan kegiatan pemberian vitamin A tersebut akan dilaksanakan sepanjang bulan Agustus mendatang, dimulai pada tanggal 3 Agustus 2018 di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan.

“Selanjutnya tim kita akan `mobile` ke tiap Kecamatan dan nanti di lokasi mereka akan dibantu pihak Puskesmas setempat,” katanya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) terdapat 250 juta anak pra sekolah di seluruh dunia yang mengalami kekurangan vitamin A dan setiap tahunnya sebanyak 250.000 sampai 500.000 anak mengalami kebutaan dimana separuh di antaranya kemudian meninggal dunia dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin tersebut.

“Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak tahun 1970an dan masih terus digalakkan sampai saat ini,”katanya.

Vitamin A atau Retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak,di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan anti bodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.(antara)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.