Datangi UIN Jogyakarta,Ormas Islam Minta Klarifikasi Larangan Bercadar

Puluhan anggota Ormas Islam mendatangi Rektorat Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Kedatangan para Ormas ini bertujuan untuk meminta klarifikasi dan penjelasan dari rektorat terkait larangan bercadar. Para Ormas Islam yang datang di antaranya Forum Ukuwah Islamiyah, Mualaf Center Yogyakarta, Forum Komunikasi Aktifis Masjid, Majelis Mujahiddin, dan Da’i Madinah.

Mereka melakukan diskusi secara tertutup bersama pihak rektorat di ruang sidang senat Gedung KH Saifudin Zuhri. 
“Kami datang kesini mau bersilahturahmi sekaligus berdialog mendengar penjelasan dari kampus soal pelarangan ini,” kata jubir salah satu Ormas bernama Forum Ukuwah Islamiyah DIY, Fadlun Amin di Yogyakarta, Rabu (07/03/2018).

Ormas Islam keberatan dengan pelarangan tersebut. Tak seharusnya pihak kampus membatasi dan membeda-bedakan mahasiswinya dalam berpakaian. 

“Kami keberatan. Karena ada (wanita) yang menggunakan jilbab itu biasa dan ada yang cadar. Dalam memandang persoalan ini (wanita bercadar) masuk kategori ikhtilaf. Maka kami mau dengar penjelasan dari kampus,” kata Fadlun.
Sebaliknya menurutnya pihak kampus seharusnya memberi perlindungan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk menjalankan haknya. 

“Otoritas kampus seharusnya memberi hak yang sama pada para mahasiswi dalam berbusana. Khususnya teman-teman yang bercadar,” pungkasnya.
Pantauan Kumparan.com/tugujogja, pertemuan ini berlangsung damai. Tak ada demo atau kericuhan dan perusakan yang dilakukan anggota Ormas. (cia)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.