Sen. Okt 14th, 2019

Contoh Surat Resign, Ini Langkah Pengunduran Diri yang Baik

4 min read
bunehaba.com
bunehaba.com

Perkara surat resign alias pengunduran diri bisa jadi terlihat sepele. Jadinya, beberapa pekerja akhirnya menyepelekan contoh surat resign. Padahal, tahukah kamu suratresign yang baik bakal jadi salah satu faktor yang menunjukkan kamu karyawan baik atau gak.

Resign karena alasan apapun, ada baiknya kamu memberitahukah pengunduran diri kamu dan mengirimkan surat ke perusahaan. Ibarat kata, kamu mesti pamit dengan pesan.

Loading...

Dulu saat kamu melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut tentu kamu mengirimkan surat lamaran kerja, bukan? Nah, saat kamu bakal keluar harusnya kamu mengirimkan pemberitahuan juga.

Namun,sebelum mengirimkan surat resign, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan.

Langkah-langkah sebelum mengirimkan surat resign

Sebelum mengirimkan contoh surat resign yang kamu udah rancang, lakukan dulu langkah-langkah berikut:

1. Bicarakan dengan atasan

Bakal lebih bijaksana bila kamu bicarakan terlebih dahulu dengan atasan kamu. Seenggaknya, kamu gak ujug-ujug kasih surat resign.

Atasan kamu pun bakal gak kaget karena tiba-tiba surat resign kamu nongol di e-mail atau sampai ke dia. Di kesempatan tersebut, kamu juga bisa bicarakan alasan kamu mengundurkan diri.

2. Patuh pada ketentuan pengunduran diri

Yang pasti, kamu mesti paham mengenai ketentuan pengunduran diri di perusahaan kamu sekarang. Mulai dari hak yang kamu terima hingga kewajiban yang harus kamu lakukan.

Contoh kewajiban biasanya adalah, kamu punya rentang waktu hingga benar-benar gak bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh, ada pengunduran diri yang harus mengikuti one month noticeyaitu pemberitahuan satu bulan sebelum berhenti kerja. Ada pula yang two weeks notice alias pemberitahuan dua minggu sebelum benar-benar berhenti kerja.

Jadi, ada baiknya buat kirim contoh surat resign yang udah kamu bikin sesuai rentang waktu tersebut.

3. Selesaikan pekerjaan kamu

Setelah kamu mengirim surat resign, bukan berarti kamu benar-benar terlepas dari tanggung jawab di kantor kamu tersebut.

Selesaikan pekerjaan kamu serapi mungkin. Bahkan, gak ada salahnya buat mendelegasikan posisi tersebut bila emang posisi tersebut benar-benar kosong.

Dengan begitu, kamu bakal meninggalkan kesan yang baik buat atasan dan rekan-rekan kerja kamu.

Segera setelah kamu mengirimkan surat resign dan disetujui, sekeluarnya kamu dari kantor ingat beberapa hak dan tanggung jawab kamu.

Hak kamu adalah mendapatkan paklaring alias surat tanda kamu pernah bekerja di perusahaan tersebut. Sementara itu, kewajiban kamu adalah mengembalikan segala inventaris kantor di hari terakhir bekerja.

Panduan Menulis dan Contoh Surat Resign

Meski kamu udah pernah keluar dari perusahaan sebelumnya, atau mungkin kamu yang fresh-graduatebisa jadi masih bingung gimana menulis surat resign. Nah, berikut panduan singkat dan contoh surat resign yang bisa kamu terapkan.

Berikut, struktur contoh surat resign sebagai dasar kamu menulis surat permohonan diri:

1. Header

Bagian pertama ini layaknya surat lainnya, di sini kamu tempatkan nama tertuju surat tersebut. Kamu bisa sebutkan tanggal pengiriman surat tersebut ditambah dengan nama atasan dan nama lain yang jadi tujuan pengiriman.

Sedikit di bawah bagian ini, kamu bisa ucapkan salah berikut dengan nama atasan kamu.

2. Paragraf pembuka dan isi

Pada bagian ini kamu bisa sebutkan tujuan kamu yaitu ingin mengundurkan diri beserta dengan tanggal pengunduran diri. Beri tahukan pula alasan kamu mengundurkan diri. Namun, ingat jangan ungkit masalah apapun yang terjadi di kantor sebagai alasan.

3. Bagian penutup dan tanda tangan

Di bagian penutup kamu bisa ucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini. Termasuk pula sebutkan hal baik apa aja yang kamu rasakan di perusahaan tersebut. Kamu pun bisa sebutkan meminta referensi bila kamu butuh. Bagian ini bisa kamu tutup dengan tanda tangan.

Berikut contoh surat resign yang bisa kamu ikuti saat menuliskan surat pengunduran diri.

Jakarta, 1 Januari 2014

Kepada

Yth. HRD dan Manager

LoanGarage Indonesia

Jl. Benda no. 92

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Budi Budiman, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. LoanGarage Indonesia terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT. LoanGarage Indonesia. Tidak lupa saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata dan tindakan salah kepada seluruh jajaran serta rekan PT. LoanGarage Indonesia.

Harapan saya semoga PT. LoanGarage Indonesia senantiasa bisa terus berkembang ke arah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Budi Budiman

Contoh surat resign di atas adalah salah satu contoh paling sederhana. Kamu sebenarnya masih bisa sedikit mengembangkan surat di atas dengan beberapa poin yang kamu rasa cocok.

Misalnya, kamu bisa sebutkan beberapa hal spesifik mengenai hal positif dan pengalaman yang kamu terima.

Yang pasti, jangan lupa buat benar-benar paham mengenai ketentuan dan prosedur pengunduran diri di perusahaan kamu. Karena itu, gak ada salahnya buat menanyakan langsung ke HRD atau membaca lagi surat perjanjian kerja kamu.

Nah,sekarang udah mengerti kan gimana menulis surat pengunduran diri yang baik? Semoga panduan dan contoh surat resign di atas bantu kamu.

Sumber: moneysmart.id

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.