Akibat Abrasi,Puluhan Rumah di Kabupaten Bekasi Rusak

Puluhan Rumah di Kabupaten Bekasi Rusak

Puluhan Rumah di Kabupaten Bekasi Rusak akibat Abrasi (photo;Antara)

Puluhan rumah di Kampung Muarajaya RT01/RW01, Muaragembong, Kabupaten Bekasi,rusak akibat abrasi. Warga harus rela meninggalkan kediaman yang sudah ditempati selama bertahun-tahun.

Salah satu warga terdampak abrasi di Kampung Muarajaya, Firman (35) di Bekasi, mengatakan, sekitar 10 tahun yang lalu terdapat puluhan rumah di kampungnya. Namun, rumahnya bersama sekitar 50 rumah lainnya hilang tersapu air saat terjadi abrasi. Sehingga, ia bersama warga lainnya harus pindah ke Kampung Baru di RT02/01, Desa Pantaimekar.

Loading...

“Dulu di sini (Kampung Muarajaya) paling ramai, banyak nelayan dari mana-mana, motor juga bisa masuk. Tapi semua berubah setelah abrasi datang,” kata Firman yang dilansir dari Antara,Ahad (16/6/2019).

Selama 10 tahun abrasi menyerang, dirinya mengaku tidak ada penanganan berarti dari pemerintah daerah. Kendati begitu, saat ini di lokasi abrasi masih ada sebagian warga yang memilih untuk tetap bertahan di rumahnya meski sudah sepi penghuni.

Camat Muaragembong, Junaefi mengatakan,sejauh ini penanganan abrasi sudah dicoba untuk dilakukan dengan cara menanam pohon bakau (mangrove) di tepi pantai. Langkah tersebut, menurutnya, cukup ampuh karena mampu mengurangi abrasi yang kini mengancam warga di pesisir pantai.

“Kalau wilayah di Muaragembong memang berpotensi terkena abrasi karena letaknya di pesisir. Selain di Pantaimekar,di Muarabungin dan Muarabeting juga terjadi abrasi. Rata-rata satu sampai dua RT sudah hilang,” kata Junaefi.

Loading...

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.