Sen. Sep 16th, 2019

Ada 648 Kursi Kosong di SMPN Kota Bekasi untuk Diperebutkan

2 min read
Suasana pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Kota Bekasi, Senin (1/7/2019).
Suasana pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Kota Bekasi, Senin (1/7/2019).

Masih ada kesempatan bagi para calon siswa yang gagal diterima di SMP negeri pilihan pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahap 1 di Kota Bekasi untuk bersekolah di sekolah negeri.

Pendaftaran gelombang pertama yang diikuti 21.739 calon siswa sejak Senin (1/7/2019) lalu memperebutkan 14.534 kursi yang tersebar di 56 SMP negeri di Kota Bekasi. Sebanyak 13.886 di antaranya berhasil diterima di sekolah pilihan.

Loading...

Itu berarti,masih tersisa 648 kursi kosong untuk diperebutkan 7.853 calon siswa pada pendaftaran gelombang dua yang akan dimulai pada Senin mendatang.

Sebanyak 648 kursi kosong berasal dari sisa kuota jalur zonasi afirmasi,prestasi akademik dan nonakademik, tahfiz Quran, dan perpindahan orangtua. Jalur zonasi radius dan zonasi nilai USBN tidak menyisakan kursi sama sekali.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com pada Kamis ini, kursi kosong terbanyak disumbang dari jalur zonasi perpindahan orangtua. Selama rentang tiga hari pendaftaran gelombang pertama,hanya ada 40 calon siswa yang mendaftar lewat jalur zonasi ini. Padahal, alokasi yang tersedia sebanyak 269 kursi.

Jalur tahfiz Quran menyusul dengan sumbangan 195 kursi. BacaTotal, terdapat 74 pendaftar yang semuanya lolos melalui jalur ini dari ketersediaan awal 269 kursi.

Jalur zonasi afirmasi menyumbang 178 kursi dari ketersediaan awal 1.424 kursi. Jumlah pendaftar pada jalur ini melebihi alokasi awal, yakni 1.486 calon siswa, namun hanya 1.246 di antaranya yang lolos verifikasi.

Sedangkan jalur zonasi prestasi akademik dan nonakademik hanya menyisakan 46 kursi kosong dari alokasi awal 130 kursi.

Pendaftaran gelombang dua akan dimulai Senin depan melalui sistem PPDB online yang sama dengan pendaftaran gelombang pertama. Namun, calon siswa yang belum diterima di sekolah negeri mana pun bisa memantau ketersediaan sekolah dengan kursi kosong sejak sekarang melalui situs https://bekasi.siap-ppdb.com.

Dalam pendaftaran gelombang dua,Dinas Pendidikan Kota Bekasi hanya memberlakukan satu jalur masuk,yakni jalur zonasi radius jarak rumah ke sekolah.

“Jalur perpindahan orangtua yang tadinya 6 persen, jalur prestasi 1 persen sudah tidak ada lagi. Disatukan jadi sistem zonasi,” kata Mawardi,kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi,Kamis kemarin.

“Saya sarankan intip-intip dulu, mana sekolah yang kuotanya masih banyak. Kemudian pilihlah sekolah yang terdekat dari rumahnya,” imbuhnya.

kompas

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.