599 Napi Dapat Remisi Lebaran 2018

Sebanyak 599 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bekasi,Kota Bekasi,mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi) di hari raya Idul Fitri 1439 H. Sementara 5 orang narapidana lainnya dinyatakan bebas.

Remisi yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM itu, diberikan kepada narapidana yang telah melewati masa tahanan lebih dari 6 bulan, serta berkelakuan baik selama di dalam lapas.

“Lebaran tahun ini,ada 599 napi yang mendapat remisi. Berbeda-beda,mulai dari 15 hari hingga maksimal 2 bulan,” kata Kalapas Kelas II A Bekasi,Davy Bartian,Jumat (15/6/2018).

Menurutnya,ada 625 orang narapidana yang sebelumnya diusulkan mendapat remisi hari raya Idul Fitri. Namun karena masalah Peraturan Pemerintah Nomor 99 terkait perkara khusus,seperti narkoba, teroris dan beberapa perkara lainnya, sehingga membuat persetujuan cenderung lambat.

“Untuk napi yang mendapat remisi bebas ada 5 orang dan 3 orang napi sudah habis masa pidananya sebelum mendapat remisi. Jadi seluruh napi yang dinyatakan bebas berjumlah 8 orang,”Ujarnya.

Sebelumnya 863 narapidana dan 368 tahanan penghuni lapas melaksanakan sholat Ied berjamaah di dalam lapas, pada Jum’at pagi. Usai melaksanakan sholat, Kepala Lapas Kelas II A Bekasi memberikan surat remisi,yang langsung disambut sukacita oleh para narapidana.

Mereka pun lalu memanjatkan doa bersama dan bersalam-salaman satu dengan yang lain. Sekedar informasi, Lapas Kelas II A Bekasi dihuni oleh 1.231 penghuni, dengan jumlah tahanan yang dititipkan sebanyak 368 orang. Sementara kapasitas lapas diketahui hanya berjumlah 470 orang.(Okz)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: