17 Kuliner Kota Bekasi Paling Nikmat Dan Terkenal



Bekasi adalah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Asal usul kata Bekasi berasal dari bagagasi yang artinya candrabaga yang merupakan nama sungai yang melewati kota Bekasi. Kota Bekasi memiliki budaya yang berasal dari percampuran antara budaya Betawi dan budaya Sunda. Saat ini sebagian besar warga kota Bekasi berasal dari Jakarta. Penduduk asli kota Bekasi secara umum berbicara dengan bahasa Betawi namun memiliki logat Sunda.


Selain keunikan dari bahasanya kota Bekasi ini juga memiliki ragam kuliner yang luar biasa uniknya mulai dari sayur gabus pucung dan bandeng rorod serta banyak kuliner lainnya. Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan kepada kalian apa-apa saja kuliner yang ada di kota Bekasi. Berikut 17 kuliner kota Bekasi paling nikmat dan terkenal.


1. Kue Rangi Bekasi 

Sumber: kompasiana.com

Kuliner yang satu ini adalah kue rangi. Kue rangi adalah kuliner yang berasal dari bekasi dan merupakan makanan favorit warga bekasi karena memiliki rasa yang gurih. Saat ini kue rangi sudah cukup sulit dijumpai di Kota bekasi, akan tetapi jika anda ingin mencicipi kue rangi ini anda bisa membuatnya semdiri dirumah karena bahan serta proses membuat kue rangi ini sangatlah mudah. Untuk bahan pembuatnya sendiri terdiri dari tepung sagu yang kemudian dicampur garam serta kelapa parut kasar dan jangan ketinggalan gula merahnya karena tanpa bahan yang satu ini kue rangi menjadi kurang kelezatannya. 

Untuk membuatnya sendiri, campurkan kelapa parut dengan garam dan air secukupnya. Setelah itu panggang kue rangi dalam keaadan kering. Terakhir tambahkan saus gula kental yang merupakan campuran dari gula merah dan tepung sagu dan ku rangi yang lezat dan gurih siap untuk anda nikmati. 


2. Kue Akar Kelapa Bekasi

Sumber: bintang.com

Kue ini bernama kue akar kelapa. Kue akar kelapa merupakan kue yang telah dikenal oleh masyarakat bekasi sejak lama sehingga sangatlah pas jika kue ini di beri gelar kue legendaris dari betawi Bekasi. Kue ini terkenal akan rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah. Kue ini memilki bentuk yang mirip akar kelapa sehingga dinamailah kue ini dengan sebutan kue akar kelapa.

Selain nama kue akar kelapa, kue yang satu ini juga dikenal dengan istilah kue procot. Kue ini dinamakan procot karena saat di goreng adonan di keluarkan secara perlahan atau lebih sering dikenal diprocotkan menggunakan tabung yeng telah di lubangi bagian ujungnya.

3. Bandeng Rorod

Sumber: ksmtour.com

Kuliner berikut ini dikenal dengan nama bandeng rorod. Bandeng termasuk salah satu kuliner dengan bahan dasar ikan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Bandeng selain memiliki rasa yang lezat serta tekstur daging yang empuk, juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena berbahan dasar ikan bandeng yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Bandeng rorod memiliki keunikan sendiri dari pengolahannya. 

Perbedaan bandeng rorod dengan bandeng presto adalah, jika bandeng presto merupakan bandeng duri lunak, maka bandeng rorod adalah bandeng tanpa duri serta pengolahannya lebih rumit dibandingkan bandeng presto. Walaupun bandeng rorod memiliki rasa yang lezat, akan tetapi masih banyak warga bekasi yang belum mengenal kuliner khas bekasi yang satu ini.

4. Sayur Gabus Pucung

Sumber: selerasa.com

Sayur gabus pucung meupakan kuliner yang berasal dari kota Bekasi. Kuliner ini berbahan dasar ikan gabus yang dimasak dengan campuran kluwek sehingga menghasilkan kuah yang berwarna hitam. Kuliner satu ini memiliki rasa yang lezat serta gurih sehingga sangat pas jika di santap dengan nasi putih serta sambal yang pedas. Jika mencicipi kuliner ini jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis, karena dengan ditambahkan perasan jeruk nipis membuat sayur gabus pucung sangat segar untuk disantap. Saat ini untuk menemukan sayur gabus pucung agak sulit dikarenakan terbatasnya pasokan ikan gabus. 

Biasanya bahan baku untuk membuat kuliner ini yaitu ikan gabus ditangkap langsung dari alam, akan tetapi saat ini ikan gabus sudah sulit ditemukan. Bagi anda yang tetap ingin mencicipi kuliner yang satu ini janganlah khawatir karena anda masih bisa mengunjungi rumah makan yang menjual sayur gabus pucung yaitu Rumah Makan Lestari H.Abdul Somad di Jalan Kali Malang Pintu Tol Cibitung.

5. Dodol Betawi Bekasi

Sumber: tokopedia.com

Kuliner berikutnya dari kota Bekasi adaah dodol betawi. Dodol ini merupakan kuliner yang dianggap legendaris oleh masyarakat Bekasi dikarenakan kue ini telah lama dikenal oleh masyarakat Bekasi serta resep yang diturunkan secaea turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Dodol betawi ini proses pembuatannya sangatlah rumit, akan tetapi rumitnya membuat kue ini sebanding dengan rasanya yang legit serta manis ditambah lagi kuliner ini sangat kenyal saat berada di lidah yang membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. 

Masyarakat Betawi Bekasi sendiri sering menyajikan kuliner ini saat pesta ataupun di saat bulan Ramadha, Idul Adha dan juga Idul Fitri. Jika anda sedang berkunjung ke kota bekasi anda dapat menjadikan kuliner yang satu ini menjadi oleh-oleh yang pas buat keluarga anda. Untuk mencari kuliner khas Bekasi ini anda bisa mengunjungi Toko oleh-oleh khas bekasi di Jalan Belanak 2 Ujung No.57 Perumnas 2, Kelurahan Kaluringin Jaya, Bekasi Selatan.

6. Kue Kembang Goyang Bekasi

Sumber: resepumi.com

Nama kuliner berikut adalah kembang goyang. Kembang goyang merupakan ue yang telah dikenal sejak dahulu oleh masyarakat Betawi Bekasi dan boleh dikatakan bahwa kue ini adalah kue legendaris masyarakat Bekasi. Kue ini dinamakan kembang goyang karena bentuknya yang seperti kembang atau bunga serta cara membuatnya yang di goyang-goyang saat dilakukan proses penggorengan. Kue ini sering dihidangkan saat acara Idul Fitri ataupun acara hajatan. 

Kue ini memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih, sehingga sangat cocok dinikmati saat berkumpul bersama keluarga. Saat ini kue kembang goyang telah tersedia dengan rasa-rasa yang disukai baik kalangan anak-anak maupun dewasa. Salah satu rasa kembang goyang yang ada di Bekasi yaitu rasa pandan. Tentunya dengan adanya varian rasa dari kembang goyang ini membuat anda lebih tertarik untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

7. Kue Rengginang Bekasi

Sumber: masakandapurku.com

Selain memiliki kue gurih seperti kembang goyang, kota Bekasi juga memiliki kue rengginang yang tidak kalah lezat dan gurihnya. Kue ini terbuat dari beras sebagai bahan utamanya, dimana beras yang telah diolah lalu dijemur dibawah terik sinar matahari. setelah kue rengginang kering proses selanjutnya adalahkue renggiang digoreng sampai mengembang. 

Dengan bahan utama pembuatan yaitu beras menjadikan kue rengginang bukan hanya cemilan biasa tetapi menjadi cemilan yang mengenyangkan yang sangat pas untuk anda nikmati saat santai bersama keluarga. Untuk menemukan kue rengginang ini anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh khas Bekasi atau bisa juga di pasar tradisional Bekasi.

8. Kue Biji Ketapang

Sumber: oleholehbekasi.co.id

Kue biji ketapang adalah nama dari kuliner yang satu ini. Kue ini juga termasuk kue yang sudah dikenal sejak dahulu oleh masyarakat Betawi Bekasi. Kue ini memiliki bentuk yang pipih serta kecil yang menyerupai biji ketapang. Kue ini memiliki rasa yang lezat dan gurih serta tekstur yang renyah, sehingga sangat nikmat jika diminum bersama secangkir kopi ataupun teh. Kue ini sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti telur, tepung terigu, mentega dan gula. 

Untuk menikmati kue yang satu ini anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam, karena kue ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dengan harga kurang lebih Rp.40.0000/kg. Jika anda benar-benar tertarik untuk mencicipi kuliner satu ini, anda bisa mencari atau membelinya yaitu di warung Mpok Nini yang berada di Jalan Letnan Arsyad, No.57, Kelurahan Kayurigin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan.

9. Kue Sagon Bekasi

Sumber: bisikan.com

Kuliner kota Bekasi paling nikmat kali ini disebut dengan nama kue sagon. Kue saon sangat terkenal di Bekasi dan sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan saat sedang berkunjung ke kota Bekasi. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang dibuat dengan cara disangrai. Didalam proses sangrai ini biasanya memanfaatkan bara api untuk menghasilkan rasa kue sagon yang lezat. 

Berdasarkan pengalaman masyarakat Bekasi, kue sagon yang disangrai dengan bara api dapat menghasilkan rasa kue serta aroma yang lebih khas dan nikmat daripada yang disangrai menggunakan kompor. Kue ini juga memiliki bentuk yang bermacam-macam mulai dari bentuk bergerigi, bundar maupun oval.

10. Wajik Ketan Merah

Sumber: mesinbekasi.com

Wajik ketan merah adalah salah satu kuliner khas dari Bekasi. Tekstur dari kue yang satu ini hampir mirip dengan lemper ataupun sejenisnya. Kue wajik ketan merah terbuat dari bahan utama yaitu ketan merah yang memiliki rasa yang manis dan terasa lembut di lidah. Selain nikmat kue wajik ini juga mengenyangkan sehingga sangat pas di konsumsi saat sedang lapar. 

Kue wajik ini juga banyak disajikan saat acara-acara besar seperti pernikahan ataupun hari raya. Untuk masalah harga, wajik ketan merah memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu Rp.30.000/kg. Bagaimana terjangkau bukan ? akan tetapi jika anda tidak mau untuk membeli anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep yang ada di internet ataupun buku resep membuat kue.

11. Kue Dongkal Bekasi

Sumber: lukiskata.blogspot.co.id

Kue dongkal juga termasuk salah satu makanan tradisional dari kota Bekasi. Kue dongkal terbuat dari tepung beras kasar yang dicampur atau dipadukan dengan gula aren maupun gula kelapa. Kue ini juga disajikan bersama dengan parutan kelapa yang telah diberi garam, sehingga kue ini memiliki perpaduan rasa antara manis dan asin serta memiliki tekstur yang agak kasar. Jika sulit untuk membayangkan bagaimana itu kue dongkal, maka anda bisa membayangkan kue putu, karena secara bahan baku kue dongkal mirip dengan kue putu. Walaupun demikian kue dongkal dengan kue putu tetap memiliki perbedaan, dimana tepung beras pada pembuatan kue dongkal hanya digiling kasar. 

Selain hanya digiling kasar, kue dongkal juga memiliki keunikan yaitu wadah untuk mencetak kue dongkal sendiri berbentuk kerucut. Sedangkan untuk proses pemasakan kue dongkal ini dimasak dengan dikukus. Saat ini kue dongkal memang sudah sulit untuk ditemukan di Bekasi, akan tetapi kalian dapat menemukan kue ini di depan SMAN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

12. Kue Duit Bekasi

Sumber: wisatatempat.com

Kue yang satu ini terbilang cukup unik karena dinamakan kue duit. Kue ini diberi nama kue duit karena adonan untuk membuat kue dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai uang logam. Kue ini sendiri berbahan baku adonan tepung yang proses masaknya dengan digoreng. 

Untuk rasa sendiri kue ini termasuk salah satu kue yang memiliki rasa manis sehingga sangat pas untuk anda yang menginginkan cemilan yang manis serta dapat mengenyangkan. Jika anda mencari cemilan yang manis dan mengenyangkan, maka kue duit inilah salah satu solusinya.

13. Kue Jalabia Bekasi

Sumber: bintang.com

Selain dari 12 kuliner diatas, anda juga bisa menemukan kue jalabia atau disebut juga kue cincin. Kue ini memiliki rasa yang manis karena pada bahan pembuatannya juga terdapat gula aren. Untuk lebih lengkapnya kue jalabia terbuat dari tepung beras, tepung ketan, garam, kelapa serta gula aren. Kue jalabia sendiri walaupun merupakan makanan tradisional, akan tetapi tidak kalah dari segi rasanya. Biasanya kue jalabia ini banyak dihidangkan saat acara hajatan, akan tetapi saat ini kue jalabia sudah banyak yang menjual sehingga kalian tidak perlu menunggu acara hajatan untuk mencicipi kuliner yang lezat satu ini.

14. Kue Cucur Bekasi

Sumber: tips4h.blogspot.co.id

Kuliner yang satu ini juga tidak kalah lezatnya dari kuliner lain. Kue cucur adalah kue khas Betawi yang bisa anda jumpai saat berkunjung ke kota Bekasi. Kue ini memiliki warna kecoklatan. Kue cucur ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut di tengah dan renyah dibagian tepi. Jika anda mencicipi kue yang satu ini dijamin anda bakal ketagihan. Kue cucur ini juga sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi. Dengan menikmati perpaduan kue cucur dan kopi tentunya menjadikan waktu santai anda lebih berkesan.

15. Kue Telor Gabus

Sumber: aminoapps.com

Kuliner olahan yang satu ini dinamai kue telor gabus. Walapun dinamai telor gabus bukan berarti bahan dasarnya telur ikan gabus. Penamaan kue ini diambil dari tekstur kue telur gabus yang lembut seperti gabus dan bentuk dari kue ini yang menyerupai telur. Selain bentuk serta tekstur kue yang unik, kue yang satu ini juga memiliki rasa yang sangat gurih. Bagaimana? tertarik bukan untuk mencicipi kue yang satu ini.

16. Sayur Asem Bekasi

Sumber: bintang.com

Jika dari tadi saya menjelaskan kuliner Bekasi yang merupakan olahan dalam bentuk kue, maka kali ini saya memberikan informasi buat kalian tentang masakan dapur yaitu sayur asem khas Bekasi. Sayur asem dari Bekasi ini walaupun memiliki nama yang sama dengan sayur asem lainnya tetapi tetap memiliki perbedaan. Sayur asem Bekasi ini memiliki rasa yang lebih asam dari sayur asem pada umumnya. 

Walaupun sayur asem ini memiliki rasa yang sangat asam tetapi banyak warga Bekasi serta pendatang yang menyukai kuliner yang satu ini dikarenakan rasa segar yang didapat saat menikmati sayur asem khas kota Bekasi ini.

17. Bir Pletok

Sumber: oleholehbekasi.co.id

Kuliner terakhir kota Bekasi yang saya informasikan untuk anda berikut ini adalah olahan yang berbentuk minuman. Minuman khas Bekasi berikut ini adalah bir pletok. Mungkin anda berfikir jika minuman ini mengandung alkohol yang haram diminum oleh orang muslim khususnya maka anda keliru. Walaupun dinamai bir tetapi minuman satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali. 

Bir pletok sendiri berbahan dasar rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh serta dapat menjaga stamina bagi kalian yang sering kelelahan. Minuman ini memiliki rasa yang pedas serta hangat sangat diminum sehingga sangat pas diminum saat suhu dingin. Jika anda tertarik mencicipi bir pletok ini anda tidak perlu khawatir karena bir pletok memiliki harga yang terjagkau yaitu Rp.10000 saja untuk ½ kg. 

Saat anda berkunjung ke kota Bekasi anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari kuliner yang satu ini, anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di kota Bekasi. Salah satu pusat oleh-oleh Bekasi yang bisa anda kunjungi adalah warung Mpok Nini yang terletak di Jalan Letnan Arsyad, No.57, Kelurahan Kayurigin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan.

Itulah 17 kuliner kota Bekasi paling nikmat dan terkenal yang Abang Nji informasikan untuk anda. Menarik bukan kuliner yang ada di kota Bekasi ini. Sangat rugi rasanya jika anda yang sedang berkunjung ke Bekasi tidak mencicipi kuliner yang ada disana dan lebih rugi lagi jika anda tidak menjadikan salah satu kuliner diatas menjadi oleh-oleh bagi keluarga anda tercinta. Jadi jika anda sedang berada di Bekasi harus mencicipi salah satu kuliner ini, supaya perjalanan anda lebih berkesan. Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel serta informasi yang salah, silahkan tulis dikolom komentar. Semoga Bermanfaaat.

Bang Nji

Tinggalkan Balasan