Sen. Sep 16th, 2019

110 Ribu Anak di Kota Bekasi Belum Punya Kartu Identitas Anak

2 min read
Ilustrasi
Ilustrasi

Hingga kini,masih ada 110 ribu anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi belum memberlakukan KIA menjadi persyaratan utama masuk sekolah dasar tahun ajaran 2019/2020.

”Dari total 250 ribu anak yang mau masuk sekolah tahun pelajaran 2019/2020,ternyata yang belum memiliki KIA sebanyak 110 ribu,”terang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufik Rachmat Hidayat, Kamis (14/3/2019).

Loading...

Sedangkan 140 ribu anak lainnya,sudah memiliki KIA. Untuk diketahui,pemerintah daerah sudah membagikan 10 ribu blanko KIA selama 2018. Lalu, pada 2019 ini Pemkot Bekasi membagikan 130 ribu blanko KIA. ”Sampai 2020, kami prioritaskan pembuatan KIA untuk anak-anak yang ingin masuk sekolah,” jelasnya.

Taufik memaparkan,jumlah total anak usia 0-16 tahun yang tinggal di Kota Bekasi mencapai 660 ribu orang. Karena,ada upaya Pemkot Bekasi menjadikan KIA persyaratan sekolah, jadi anak yang masih belum usia sekolah belum menjadi prioritas.

”Anak yang belum usia sekolah, bukannya tidak dibuatkan KIA. Akan tetapi karena keterbatasan blanko,kita prioritaskan dulu untuk anak yang mau masuk sekolah,” paparnya juga. Saat ini, kata Taufik lagi,dalam Musrenbang 2020, ditetapkan akan mencetak 500 ribu blanko KIA.

Dengan adanya setengah juta blanko KIA,anak yang belum masuk sekolah bisa mendapatkan KIA tahun depan. Taufik menjelaskan,proses pembuatan KIA kini lebih mudah. Hanya dengan foto copy Kartu Keluarga (KK),akta lahir anak, e-KTP orang tua, akta nikah orang tua, dan foto anak dari ponsel, bisa langsung diproses.

”Bila persyaratan lengkap,bawa ke kantor kelurahan atau kecamatan untuk dibuatkan KIA. Langsung jadi di tempat. Apalagi, kini KIA juga sudah bisa juga dibuat di gerai pelayanan yang dibuka pemerintah daerah,” katanya juga.

Sementara itu,Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, KIA belum menjadi persyaratan utama masuk sekolah dasar. Lantaran penerbitan KIA masih terbilang baru. ”Karena masih banyak anak yang belum memiliki KIA,”terangnya.

Inay menambahkan,belum mengetahui kapan pemberlakuan KIA menjadi persyaratan sekolah di Kota Bekasi.Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2019 ini tidak mensyaratkan calon siswa SD wajib KIA. ”Syarat masuk sekolah masih sama seperti tahun lalu,” tandasnya. (dny)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.