109 Orang di Kota Bekasi Terjangkit HIV/Aids

HIV/AIDS

HIV/AIDS

Sebanyak 109 jiwa di Kota Bekasi,tercatat terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (Aids) sepanjang bulan Januari hingga Mei 2019. Warga yang mengidap tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bekasi.

“Hampir rata (penyebaran HIV) di seluruh kecamatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi,Dezi Syukrawati,Senin (24/6/2019).

Dezi menjelaskan,usia rentan HIV yakni usia produktif antara 15 tahun sampai 45 tahun. Dinas Kesehatan Kota Bekasi, lanjut Dezi,telah berupaya meningkatkan layanan deteksi dini terhadap kelompok beresiko. Yakni,dengan memeriksa HIV pada ibu hamil, kelompok rentan seperti Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL),Pekerja Seks Komersial (PSK) dan kelompok lainnya.

“Layanan ini dilakukan di 42 puskesesmas dan di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan program penyakit menular Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Di samping itu, juga meminta puskesmas terus melakukan penyuluhan dengan tema HIV,” katanya.

Dirinya mengimbau kepada masayarakat Kota Bekasi untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian,seluruh ibu hamil juga diimbau untuk memeriksakan kesehatan dan cek laboratorium terkait dengan HIB.

“Perlu kepedulian lingkungan sebagai kontrol sosial terhadap kelompok masyarakat yang dianggap beresiko terhadap HIV/Aids,” tuturnya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.