1000 Polisi Polres Kota Bekasi Siap Kawal Buruh Pada Mayday 

Aksi Mayday Buruh GSBI
Aksi Mayday Buruh GSBI

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, Jawa Barat,mengerahkan seribu personelnya untuk mengawal peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2018 pada Selasa (1/5).

“Personel ini adalah gabungan dari Satuan Lalu Lintas dan intelijen serta Bhabinkamtibmas 700 orang,1000 personel Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob atau berjumlah 100 personel dan dua SSK Sabhara Polda Metro Jaya,” kata Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto di Bekasi,senin (30/4/2018.

Menurut dia, jumlah tersebut lebih dari separuh personel kepolisian setempat yang kini berjumlah sekitar 1.700 orang.
Personel kepolisian itu akan ditempatkan di jalur-jalur utama menuju ke Jakarta dan di setiap kantor kepolisian sektor di 12 kecamatan setempat.

Dikatakan Indarto,ada tiga kelompok buruh yang telah mengajukan izin rencana peringatan May Day di Bekasi dan Jakarta. “Kelompok itu ada yang tidak demonstrasi dan ada yang demonstrasi ke Jakarta dan ke Kabupaten Bekasi,” katanya.

Masing-masing kelompok telah membagi massanya,sebanyak 500 orang akan menuju Jakarta dan 500 orang akan menuju ke Kabupaten Bekasi,sebagian akan ditempatkan di Alun-Alun Kota Bekasi.

“Hampir di setiap polsek ada titik-titik untuk keberangkatan,itu kita kawal kita tungguin ke Jakarta maupun ke Kabupaten Bekasi. Jadi nanti setiap bus akan ada polisinya,” katanya.

Indarto memperkirakan pontensi konflik dalam agenda Hari Buruh sangat kecil, sebab tidak ada permasalahan krusial hubungan industrial yang saat ini belum terselesaikan.

“Keributan setiap kemungkinan pasti ada, tapi kecil. Kemarin kami sudah bertemu dengan ketua serikat buruhnya, mereka hanya ingin merayakan. Pemerintah juga telah memfasilitasi agenda tersebut agar berjalan kondusif,” katanya.

Indarto juga memastikan di Kota Bekasi ini tidak ada aksi demonstrasi buruh yang biasanya digelar di depan kantor Pemkot Bekasi maupun Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi.

“Di Kota Bekasi tidak ada demonstrasi. Kami hanya melayani mereka dengan berbagai kegiatan plus memberikan pelayanan pengawalan sampai ke Kabupaten Bekasi maupun ke Jakarta,” katanya.(ant)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.